"Jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan" - Imam Syafi'i ___ "Setiap orang adalah guru, dan setiap rumah adalah sekolah" - Ki Hadjar Dewantara ___ "Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan" - Mario Teguh____ "Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan, tapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan" – Ali bin Abi Thalib

Label

Berbagi (49) Info (48) Sosialisasi (33) Belajar (28) Media Cetak (18) Pena (14) Motivasi (13) Vlog (9) Kemitraan (6) RPP (4)

Selasa, 22 Desember 2020

IBU ADALAH GURU


Koran Radar Surabaya

22 Desember 2020

 

Masa pandemi Covid-19 telah membuat para Ibu mahir berteknologi. Kemampuan ibu sebagai pendidik pertama di rumah menjadi lebih baik. Ibu tentu saja berharap agar putra-putrinya sukses. Ibu tentu saja memegang peran penting dalam pendidikan anak selama masa pandemi dan juga memasuki era normal baru. Tugas ini semakin berat dengan adanya Program Belajar di Rumah yang untuk melakukan pendampingan belajar anak di rumah diserahkan kepada ibu. Ibu, bukan hanya sebagai ibu bagi putra-putrinya, namun, ibu juga harus bekerja, baik itu sebagai ibu rumah tangga maupun wanita karier. Ibu bekerja 24 jam, tanpa mengenal lelah. Ibu pun berperan sebagai ibu Warga Negara Indonesia yang memiliki tugas sebagai Ibu Bangsa. Ibu di masa covid tetap harus melakukan adaptasi, mulai dari bekerja, belajar hingga berkarya dari rumah. Ibu harus tetap berkarya dalam masa pendemi ini. Setiap ibu berjuang gigih untuk menyelamatkan dan menjaga ketahanan kekluarga, sehingga dapat melewati masa krisis. Ibu dituntut menyesuaikan dengan menggunakan alat komunikasi teknologi digital. Mau tidak mau, bisa tidak bisa memaksa perempuan untuk belajar, Ibu pun wajib melek teknologi juga perlu diiringi dengan kemampuan menggunakan teknologi dengan baik dan benar dan bersikap kristis terhadap konten-konten yang kurang sesuai. Para ibu kini mengenal Rumah Belajar sebagai salah satu sumber belajar di rumah dengan alamat di https://belajar.kemdikbud.go.id serta dapat pula diunduh di Play Store dan App Store.

Pada masa pandemi Covid-19 ini, anak-anak tentunya tidak dapat tatap muka secara langsung dengan guru di sekolah. Sebagai ibu, tentunya kita menjadi pengganti guru di rumah. Ibu pun juga belajar apa itu Rumah Belajar. Rumah Belajar adalah portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat. Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis. Ibu masa kini harus melek teknologi juga. Sehingga bisa membimbing anak-anak dalam belajar. Ibu pun harus mencari informasi tentang pendidikan dan masa depan putra-putrinya.

Peran seorang ibu dinilai sangat penting di masa pandemi Covid-19 yang saat ini sedang terjadi. Ibu tentu bisa memanfaatkan masa pandemi ini untuk meningkatkan kedekatan emosional dengan anak sekaligus memberikan teladan melalui bagaimana menggunakan internet secara sehat. Ibu pun terus memotivasi putra-putrinya demi masa depan mereka. Karena jika seseorang menginginkan kesuksesan di dalam pekerjaannya, makai ia harus bekerja dengan baik. Masa pandemi memaksa seseorang berfikir tentang pekerjaan baru yang belum ada sebelumnya. Anak-anak perlu dimotivasi ibu. Jika anak ingin selalu sukses di dalam prestasinya, maka dia harus belajar dengan baik. Pada dasarnya, setiap kesuksesan tentu di mulai dari upaya menuju kesuksesan kita sehari-hari. Bukan hanya hal itu saja, kegiatan sehari-hari tersebut juga perlu di lakukan sesegera mungkin dan sedini mungkin sebab kesuksesan juga di mulai dari hal yang sangat kecil terlebih dahulu dan terdekat dengan kehidupan kita sehari-hari.

Ibu harus mampu menyiapkan serta mengatur waktu sebaik-baiknya, kapan harus mendampingi putra-putrinya belajar. Ibu selalu bekerja dari yang paling prioritas. Bukan hanya sekedar menjadwalkan saja kegiatan sehari-hari. Prioritas tersebut juga harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Ibu bisa menentukan waktu kapan suatu kegiatan akan dilaksanakan dengan memperhatikan apa, siapa, bagaimana, dengan apa, mengapa dan kapan kegiatan tersebut akan kita kerjakan.

Di masa pendemi, ibu juga senantiasa memikirkan tujuan apa yang akan diraih dengan mendampingi putra-putrinya belajar di rumah, salah satunya dengan memanfaatkan Rumah Belajar.  Hal ini dibuktikan bahwa ibu selalu memikirkan tujuan akhir ataupun keinginan yang akan di dapatkan setelah mengerjakan sesuatu agar dapat membantu mereka dalam meraih tujuan tersebut. Di masa pandemi ibu juga harus terus melatih putra-putrinya agar apapun yang dilakukan lancer tanpa kendala yang berarti. Setiap orang yang ingin sukses akan selalu mempersiapkan diri sebaik-baiknya demi segala sesuatunya yang akan terjadi kelak di kemudian hari. Kita tidak akan memulai sesuatu tanpa kita selalu memikirkan ataupun merencanakan apapun yang akan kita lakukan terlebih dahulu. Oleh karena itu kita manfaatkan setiap waktu kita sebaik-baiknya dengan selalu mempersiapkan segala sesuatunya untuk esok hari supaya pada keesokan hari bisa benar-benar memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Kita dapat mengisi setiap hari kita dengan menyusun agenda yang akan kita lakukan di keesokan harinya. Ibu tetap hebat di masa pandemi. Belajar di rumah dengan Rumah Belajar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar