"Jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan" - Imam Syafi'i ___ "Setiap orang adalah guru, dan setiap rumah adalah sekolah" - Ki Hadjar Dewantara ___ "Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan" - Mario Teguh____ "Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan, tapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan" – Ali bin Abi Thalib

Label

Berbagi (49) Info (48) Sosialisasi (33) Belajar (28) Media Cetak (18) Pena (14) Motivasi (13) Vlog (9) Kemitraan (6) RPP (4)

Senin, 14 September 2020

Membuat Video Animasi Makin Mudah dengan Animiz Animaker

Rumah Belajar memiliki Fitur Sumber Belajar. Dalam Fitur Sumber Belajar ada Konten Video. Banyak video di Sumber Belajar yang bagus karena ada animasinya. Nah, bagaimana membuat animasi yang mudah? Ingin membuat animasi untuk video pembelajaran dengan berbagai karakter, tempat, dan gerakan secara gratis? bingung dengan watermark? jangan khawatir, yuk ikutan acara besok, yang pastinya mempermudah pembuatan animasi dengan berbagai fiturnya. Pada hari Selasa tanggal 15 September 2020 jam 16.00-17.30 WIB, saya berkesempatan berbagi tentang konten video di Fitur Sumber Belajar dari Rumah Belajar dan bagaimana membuat animasi yang mudah. Membuat video animasi untuk pembelajaran dulu sangat sulit karena menggunakan bahasa coding yang rumit. Namun saat ini berbeda, dengan adanya aplikasi Animiz Animaker lebih mudah membuat video animasi pembelajaran. Yuk simak bagaimana teknik dan kiatnya.

Pertama, klik new project, pilih template jika ingin menggunakan template. Jika ingin membuat proyek kosong, dapat mendesain sendiri. Klik new scene untuk memilih background yang disediakan. Atau jika ingin menggunakan background kita sendiri dapat klik di bagian bawah di atas timeline tulisan background dan kita upload background dari laptop kita. Kemudian pilih roles (karakter yang telah disediakan).  Pilih ekspresi yang diinginkan. Pilih animasi masuk dan pergerakan roles. Jika ingin dibalik dengan efek mirror, klik flip horizontally.

Jika ingin menambahkan teks, pilih text dan pilih model tulisan dan ukuran tulisan. Kita dapat menambahkan shape, gambar, video, callout, rumus dan lain-lain di kolom sebelah kanan. Kita juga dapat mengatur timeline setiap gambar, video, tulisan, dan asset lainnya. Setelah semua scene, timeline, pergerakan dan animasi telah selesai diatur. Kita dapat klik publish. Pilih hasil video sebagai video atau gif. Pilih resolusi dan hasil format video yang diinginkan. Pilih tempat penyimpanan tujuan video. Setelah itu klik publish. Rekaman acara ada di  https://www.youtube.com/watch?v=hI8x5_f_SfY


17 komentar: