Dra. Ohorella Erma, M.Ikom.
Salma Nabila, sosok anak melenia yang sangat intens dan inovasi dalam memberikan wacana belajar bersama rekan rekan guru dimanapun berada. Berbagai upaya dalam pelatihan pelatihan online mengenalkan rumah belajar, tv edukasi, suara edukasi dan Radio Edukasi dengan segala konten yang berada didalamnya.
Saya
patut mengacungkan jempol untuk segala upaya yang dilakukan. Yang lebih
membanggakan semua dia tuangkan dalam tulisan yang kelak menjadi rekam jejak
yang menarik sehingga kita semua yang belum sempat terlibat langsung dalam
proses penyebarluasan upaya upaya pengenalan berbagai platform dapat melihat
langsung dr rekam jejak literasi yang telah dilakukannya. Sukses untuk mu yang
tanpa lelah berjuang untuk peningkatan guru dalam mebawa anak anak negeri ini
menjadi maju, pintar, cerdas dan berkarakter.
Misi
Televisi Edukasi dalam usaha mewujudkan sumber belajar yang bermutu layak untuk
mendapatn dukungan penug dari stakeholder pendidikan. Pada lingkungan
pembelajaran, sumber belajar menjadi salah satu faktor yang dominan dalam
proses mempercepat internalisasi pengetahuan ke diri peserta didik. Dalam
teknologi pendidikan, pemecahan masalah belajar nampak dalam bentuk semua
sumber belajar yang didisain, dipilih atau di manfaatkan. Siaran televisi
pendidikan merupakan salah satu bentuk dari sumber belajar yang direncanakan
keberadaannya. Salah satu peran penting Televisi Edukasi, yang mendeklarasikan
diri sebagai televisi pendidikan, adalah sebagai sumber belajar bagi peserta
didik dan pendidik. Oleh karena itu, diperlukan pembuktian ilmiah terhadap
seberapa besar peranan Televisi Edukasi sebagai salah satu sumber belajar dalam
mendukung pembelajaran peserta didik sekaligus menjadi pilihan pendidik.
Wibowo Mukti,
S.Kom., M.Si.
Media massa dan komunikasi interpersonal adalah dua saluran komunikasi. Sementara saluran media massa termasuk media massa seperti TV, radio, atau koran, saluran antar pribadi terdiri dari komunikasi dua arah antara dua atau lebih individu.
Media
Massa memungkinkan sumber atau beberapa individu untuk mencapai audiens yang
banyak banyak dengan cepat. Saluran komunikasi berperan penting dalam
penyebaran sebuah inovasi, pertukaran informasi tersebut menentukan kondisi di
mana sumber akan atau tidak akan mengirimkan inovasi ke penerima. Informasi
konten pembelajaran yang kini hadir sangatlah beraneka ragam, untuk itu perlu
mempersiapkan siswa untuk bisa memanfaatkan demi tujuan pendidikan. Namun tak
hanya siswa, gurupun perlu mengembangkan model-model pembelajaran yang
memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Karena hak fundamental bagi
masyarakat Indonesia, adalah memperoleh hak mendapatkan pendidikan yang layak.
TV Edukasi dapat menjadi penyedia konten-konten pendidikan dengan sistem
distribusi multiplatform, karena didukung oleh infrastruktur jaringan/internet
yang baik dan dapat melakukan berbagai kerjasama dengan organisasi penyedia
konten pendidikan lainnya. TV Edukasi dapat menciptakan komunitas pendidikan
yang akan memanfaatkan konten pendidikan secara maksimal. Membuka ruang publik
baru yang menghasilkan ide-ide tetang kebutuhan konten pembelajaran. TV Edukasi
akan dimanfaatkan dengan mudah oleh peserta didik, guru dan tenaga pendidik
serta masyarakat apabila praktek baik pemanfaatan TV Edukasi dikomunikasikan
dengan baik, salah satunya melalui buku ini. Buku “Televisi Edukasi untuk
Pembelajaran Daring dan Luring” dapat berfungsi sebagai pendukung sistem
kegiatan pembelajaran di semua jenjang sekolah. Memberikan informasi layanan
collaborative learning, dimana inovasi dengan memanfaatkan TV Edukasi akan
dipandang sebagai penerapan solusi yang lebih baik dan memenuhi kebutuhan dalam
pembelajaran.
Arief
Darmawan, M.Pd.
Apresiasi untuk mbak Nabila yang telah berbagi pengalaman melalui buku Televisi Edukasi untuk pembelajaran daring dan luring. Tentunya buku ini akan sangat bermanfaat untuk bapak ibu guru yang akan memanfaatkan televisi edukasi
untuk membantu proses pembelajaran menjadi lebih mudah, menarik,
dan meningkatkan motivasi belajar siswa, baik untuk pembelajaran secara daring
maupun secara luring. Pemanfaatan televisi edukasi diharapkan akan membantu
meningkatkan kualitas pembelajaran dan pada akhirnya akan meningkatkan hasil
belajar siswa.
Salah
satu media massa yang mengalami perkembangan pesat saat ini adalah televisi.
Setidaknya, sejarah telah mencatat bahwa perkembangan televisi dari tempo dulu
hingga sekarang terus menunjukkan perkembangannya yang dinamis. Televisi telah
mampu merepresentasikan dirinya sebagai ruang publik yang utama dan turut
menentukan dinamika sosial, politik, ekonomi, dan budaya.
Televisi
yang merupakan media audio visual menjadi sarana penyampaian informasi yang
efektif, karena kemampuan dalam penyampaian pesannya secara langsung dan cepat,
serta bisa menyampaikan informasi dalam bentuk suara dan gambar. Televisi lebih
banyak dipilih oleh khalayak sebagai sumber informasi karena keanekaragaman
informasi yang disajikan seperti berita, hiburan, seni serta berbagai macam
informasi lainnya.
Hampir
semua stasiun televisi selalu mengedepankan sisi hiburan yang melupakan sisi
edukatif dalam memberikan tayangan bagi masyarakat. Namun berbeda dengan
channel Televisi Edukasi. Stasiun televisi ini khusus ditujukan untuk
menyebarkan informasi di bidang pendidikan dan berfungsi sebagai media
pembelajaran masyarakat. Tentunya dengan adanya siaran Televisi Edukasi ini
diharapkan dapat memberikan manfaat positif bagi masyarakat Indonesia,
khususnya dalam meningkatkan kualitas dunia pendidikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar