"Jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan" - Imam Syafi'i ___ "Setiap orang adalah guru, dan setiap rumah adalah sekolah" - Ki Hadjar Dewantara ___ "Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan" - Mario Teguh____ "Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan, tapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan" – Ali bin Abi Thalib

Label

Berbagi (49) Info (48) Sosialisasi (33) Belajar (28) Media Cetak (18) Pena (14) Motivasi (13) Vlog (9) Kemitraan (6) RPP (4)

Jumat, 18 September 2020

Pembatik Level 1 Hingga Level 4 Yang Barokah

 

Kami para guru baik di Indonesia maupun di luar negeri, mengikuti kegiatan PembaTIK yang dihelat oleh Pusat Data dan Informasi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan muntuk mengikuti kegiatan yang dimulai sejak level 1 hingga level 4 yang mengikuti standar Unesco. PembaTIK merupakan kepanjangan dari Pembelajaran berbasis TIK, merupakan program Peningkatan Kompetensi TIK guru yang mengacu pada kerangka kerja peningkatan kompetensi TIK Guru UNESCO. Standar kompetensi TIK ini terdiri dari 4 level, yaitu level literasi, implementasi, kreasi, dan berbagi (4i leveling).

Manfaat dari mengikuti program PembaTIK adalah meningkatkan kemampuan TIK sesuai dengan perkembangan teknologi terkini, mendapatkan sertifikat pada setiap level dengan skala nasional, berkesempatan untuk menjadi Duta Rumah Belajar.

Bimtek Daring Level 1 (Literasi TIK) dilaksanakan sejak April - Juli 2020. Pada saat ini peserta melakukan registrasi melalui aplikasi Simpatik (simpatik.belajar.kemdikbud.go.id),  mendaftar pada salah satu gelombang yang tersedia, mengikuti kelas bimtek daring, mengunduh modul dan dan mempelajari materi pembelajaran secara mandiri. Ujian sertifikasi daring Level 1. Peserta yang lulus mendapat sertifkat Level 1.  Tercatat, 71492 orang mengikuti pelatihan ini. Selanjutnya yaiyu Bimtek Daring Level 2 (Implementasi TIK) pada Mei - Juli 2020.

Semua peserta yang lulus Level 1 selanjutnya melanjutkan ke Level 2. Melakukan pendaftaran pada salah satu gelombang level 2 yang tersedia di aplikasi Simpatik (simpatik.belajar.kemdikbud.go.id), mengikuti kelas bimtek daring, mengunduh modul dan dan mempelajari materi pembelajaran secara mandiri, mengunggah video dokumentasi dan testimoni pemanfaatan TIK untuk pembelajaran, ujian sertifikasi daring Level 2. Peserta yang lulus mendapat sertifikat Level 2. Diklat ini dikhususkan bagi peserta yang belum memiliki sertifikat pembatik level 2 pada tahun 2019 dan telah memiliki sertifikat pembatik level 1 pada tahun 2019 atau tahun 2020. Bagi para peserta yang telah memiliki sertifikat pembatik level 2 pada tahun 2019 dapat mengikuti diklat pembatik dengan level yang lebih tinggi. Tercatat, 13349 orang mengikuti pelatihan level kedua ini. 

Tahap ketiga adalah Bimtek Daring Level 3 (Kreasi TIK) pada bulan Mei - Juli 2020. Semua peserta yang lulus Level 2 dapat melanjutkan ke Level 3. Melakukan pendaftaran pada salah satu gelombang level 3 yang tersedia di aplikasi Simpatik (simpatik.belajar.kemdikbud.go.id), mengikuti kelas bimtek daring, mengunduh modul dan dan mempelajari materi pembelajaran secara mandiri, mengunggah Karya Konten Pembelajaran, ujian sertifikasi daring Level 3. Peserta yang lulus mendapat sertifikat Level 3. Tercatat 4434 orang mengikuti pelatihan ini. Level keempat adalah level berbagi TIK, yaitu mengikuti Bimtek Tatap Muka Daring Level 4 (Berbagi TIK) pada bulan September - Oktober 2020.

Bagi peserta yang terpilih dari tiap provinsi akan mengikuti level 4 yang dilaksanakan tatap muka dengan 30 peserta di setiap provinsinya. Tugasnya diantaranya mengikuti Kuliah Umum Level 4 dan melakukan inovasi pembelajaran dan berbagi pengetahuan. Peserta yang lulus mendapatkan sertifikat Level 4. Peserta terbaik di level 4 akan dikukuhkan sebagai Duta Rumah Belajar. Acara Level 4 ini dibuka oleh Mas Menteri pada Senin 14 Sepetember 2020.







2 komentar: