"Jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan" - Imam Syafi'i ___ "Setiap orang adalah guru, dan setiap rumah adalah sekolah" - Ki Hadjar Dewantara ___ "Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan" - Mario Teguh____ "Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan, tapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan" – Ali bin Abi Thalib

Label

Berbagi (49) Info (48) Sosialisasi (33) Belajar (28) Media Cetak (18) Pena (14) Motivasi (13) Vlog (9) Kemitraan (6) RPP (4)

Rabu, 16 September 2020

Video dari Sumber Belajar yang dapat dimanfaatkan di Kelas V SD Semester Ganjil


Pemetaan Kompetensi Dasar 
baik KI-3 (Pengetahuan) maupun KI-4 (Keterampilan) menjadi pekerjaan dasar setiap guru, termasuk guru kelas 5 dalam mengajar di semester 1 (ganjil) ini. Pemetaan KD KI-3 dan KI-4 Kelas 5 Semester 1 Kurikulum 2013 berisikan pemetaan setiap KD pada pembelajaran, subtema, maupun tema dalam satu semester. Dengan melakukan pemetaan, seorang guru akan mengetahui, sebuah pembelajaran, subtema, ataupun tema yang diajarkan mengandung KD apa saja dari mupel apa saja. Sehingga dengan tersusunnya pemetaan KD KI-3 (Kompetensi Inti Pengetahuan) dan KI-4 (Kompetensi Inti Keterampilan) akan memudahkan seorang guru kelas dalam melaksanakan tahap persiapan pembelajaran, pembelajaran, maupun pasca pembelajaran (penilaian). 

Baik dalam menyusun RPP, dan perencanaan penilaian (Penilaian Harian, Penilaian Tengah Semester, maupun Penilaian Akhir Semester). Peran penting pemetaan kompetensi dasar KI-3 (pengetahuan) dan KI-4 (keterampilan) ini guna memetakan masing-masing kompetensi dasar telah berada pada tema, subtema, maupun pembelajaran yang sesuai. Sekaligus menjadi 'penyatu' antara perencanaan pembelajaran (melalui RPP) perencanaan penilaian, hingga pengolahan hasil penilaian. 

1. Distribusi KD Kelas 5 Semester Ganjil Mata pelajaran Tematik Umum SD/MI Kelas 5 Semester Ganjil terdiri atas 5 tema yang tersebar pada 5 mupel yakni PPKn, Bahasa Indonesia, Ilmu Pentahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan SBDP). Kelima tema tersebut masing-masing terdiri atas tiga subtema. Dan setiap subtema terbagi lagi dalam enam pembelajaran. Sehingga kompetensi dasar pada mata pelajaran ini dikelompokkan pada tema dan subtema sebagai berikut: 


TEMA 1 Gerak Hewan dan Manusia


SUBTEMA 1 Organ Gerak Hewan

Ciri-Ciri Mahluk Hidup https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/#!/Content/Home/Details/439b776fd6194cfb962c441bd8d3f188

Adaptasi Hewan untuk Menyelamatkan Diri

https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/#!/Content/Home/Details/30eed86a22b8431d88f1dc9399d1a2ca


SUBTEMA 2 Manusia dan Lingkungan

Sistem Gerak Manusia

https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/#!/Content/Home/Details/68bacd7529d54c81a74acbb3f4c2159f


SUBTEMA 3 Lingkungan dan Manfaatnya

Ruangan Rumahku Yang Rapi

https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/#!/Content/Home/Details/7ffb0cda1fb4401f9843a7b72e8685c3

Banjir dan Longsor

https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/#!/Content/Home/Details/8b199a6e2e8449f2b53dbf13549e0111

Siklus Air

https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/#!/Content/Home/Details/30eed86a22b8431d88f1dc9399d1a2ca

 

TEMA 2 Udara Bersih bagi Kesehatan

SUBTEMA 1 cara Tubuh Mengolah Udara Bersih
Mekanisme Sistem Pernafatasan

https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/#!/Content/Home/Details/319079e4da5e48d28932d79403ea7dbe

Alat dan Sistem Pernafasan

https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/#!/Content/Home/Details/319079e4da5e48d28932d79403ea7dbe

 

SUBTEMA 2 Pentingnya Udara Bersih bagi Pernapasan
Jaga Kualitas Udara, Air, dan tanah Di Sekitar Kita

https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/#!/Content/Home/Details/42817a7196b84fee9dc9e8cc8e19eeb3

 

SUBTEMA 3 Memelihara Organ Pernapasan Manusia

Organ Penafasan Pada Manusia Beserta Fungsinya

https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/#!/Content/Home/Details/319079e4da5e48d28932d79403ea7dbe

Kegiatan berbasis proyek

TEMA 3 Makanan Sehat

SUBTEMA 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan?

Organ -Organ Pencernaan pada manusia

https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/#!/Content/Home/Details/62fea9c2607a49fd9d7a76aa6252430e

Enzim Pencerna pada Proses Pencernaan pada Manusia

https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/#!/Content/Home/Details/209516b1bc66497499093965f12a59eb

 

SUBTEMA 2 Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh

Makanan Bergizi

https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/#!/Content/Home/Details/571fa665247b4db8ad7f30471243d15a

Makanan Tambahan dan Kesehatan

https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/#!/Content/Home/Details/c019db23c918433fae2b159a26b2c318

 

SUBTEMA 3 Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat

Cara Menjaga Kesehatan Organ pada Sistem Pencernaan Manusia

https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/#!/Content/Home/Details/3df6b872a57c40eaaf9c66510dcd6cae

Pola Hidup Sehat

https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/#!/Content/Home/Details/571fa665247b4db8ad7f30471243d15a

 



TEMA 4 Sehat Itu Penting


SUBTEMA 1 Peredaran Darahku Sehat

Mekanisme Sistem Peredaran Darah

https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/#!/Content/Home/Details/df3591b6ff2d43dab22086d0fe412afc


SUBTEMA 2 Gangguan Kesehatan pada Organ Peredaran Darah

P3K Anak Mimisan

https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/#!/Content/Home/Details/820f7f2cffe2475a9e67759e140898a0

 

SUBTEMA 3 Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredarah Darah Manusia

Sayangilah Jantungmu

https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/#!/Content/Home/Details/9308540fad7a40aa80fbfcf7264fadff

 

TEMA 5 Ekosistem


SUBTEMA 1 Komponen Ekosistem

Komponen Ekosistem

https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/#!/Content/Home/Details/f570d1f27fb04521b15ff352d35f86b3

 

SUBTEMA 2 Hubungan Antarmakhluk Hidup dalam Ekosistem

Miniatur Ekosistem

https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/#!/Content/Home/Details/f570d1f27fb04521b15ff352d35f86b3

 

SUBTEMA 3 Keseimbangan Ekosistem

Pemanasan Global

https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/#!/Content/Home/Details/db6cdea64fef4f56a2454d7591f8ee6b


#PembaTIKlevel4JawaTimur

#PembaTIK2020

#RumahBelajar

2 komentar: