"Jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan" - Imam Syafi'i ___ "Setiap orang adalah guru, dan setiap rumah adalah sekolah" - Ki Hadjar Dewantara ___ "Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan" - Mario Teguh____ "Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan, tapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan" – Ali bin Abi Thalib

Label

Berbagi (49) Info (48) Sosialisasi (33) Belajar (28) Media Cetak (18) Pena (14) Motivasi (13) Vlog (9) Kemitraan (6) RPP (4)

Rabu, 07 Oktober 2020

Berkelana bersama Rumah Belajar 5-10 Oktober 2020






Senang rasanya mendapat motivasi dari Ibu Garti Sri Utami, PTP Utama Pusdatin. Motivasi dari DRB DKI 2017 Syamsiah, DRB Bangka Belitung 2017 Ismi, DRB DKI 2018 Hastuti, DRB DIY 2019 Erna, DRB Papua 2019 Restyn, DRB DKI 2019 Diaz, juga DRB DIY 2018 Sigit. Pemanfaatan Rumah Belajar perlu terus masif digerakan. Sebagai Sahabat Rumah Belajar tahun 2020 kami memiliki kesempatan luas untuk mensosialisasikan apa dan bagaimana  aplikasi Rumah Belajar itu di gunakan. Kesempatan luar biasa ini kami manfaatkan dengan baik, disela kesibukan yang lain tentunya. 

Banyak Pertanyaan mengenai apa itu Rumah Belajar? Bagaimana Pengembangan Video Pembelajaran? Apa saja aplikasi yang kami gunakan dalam pembuatan Video Pembelajaran? Semua jawaban akan kami kupas tuntas dalam Webinar Pemanfaatan Rumah Belajar dalam Pembelajaran dan Pengembangan Video Pembelajaran. Bagi anda yang telah mendaftar, hadir, dan mengisi evaluasi, akan mendapatkan bonus berupa template, aset, dan slide video loh. Webinar yang dilaksanakan pada 26 September 2020 ini gratis ya. Webinar ini berkolaborasi dengan Filemon Sagala, sahabat Rumah Belajar DKI Jakarta.

Saat ini, di tengah pandemi Covid-19 ini, sekolah harus siap melakukan kreatifitas dalam melakukan transformasi pembelajaran daring bagi semua siswa dan oleh semua guru. Kita memasuki era baru untuk membangun kreatifitas, mengasah skill siswa, dan peningkatan kualitas diri dengan perubahan sistem, cara pandang dan pola interaksi kita dengan teknologi, itulah mengapa, Rumah belajar perlu terus digelorakan.  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyediakan fasilitas pembelajaran melalui TIK lewat portal Rumah Belajar yang dapat diakses dengan mudah oleh guru maupun siswa.

Rumah Belajar dengan berbagai fitur yang ada, memudahkan siswa maupun guru dalam memeroleh sumber belajar selain lewat buku. Keberadaan Rumah Belajar https://belajar.kemdikbud.go.id/diharapkan mampu memenuhi kebutuhan untuk pembelajaran. Dengan jargon: Belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja, Rumah Belajar sangat mudah diakses. Begitu di-klik, langsung muncul halaman pertama dengan berbagai menu pilihan kelompok materi belajar. Pada menu Fitur Utama terdapat empat konten, yaitu Sumber Belajar, Kelas Maya, Laboratorium Maya, dan Bank Soal. Sedangkan pada menu Fitur Pendukung terdapat enam konten, yaitu Peta Budaya, Buku Sekolah Elektronik, Wahana Jelajah Angkasa, Karya Bahasa dan Sastra, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, dan Edugame.

Kelebihan dari portal Rumah Belajar sebagai media pembelajaran menyenangkan adalah memungkinkan terjadinya interaksi langsung antara guru, peserta didik dan sumber belajar. Selain itu, proses pembelajaran dapat dilanjutkan di luar jam pembelajaran dengan mudah yaitu peserta didik tinggal membuka kembali materi pembelajaran yang baru disampaikan pada saat jam pembelajaran pada gawai yang dimilikinya. Tidak dapat dipungkiri, generasi digital sangat dekat dengan gawai, maka pembelajaran yang mendekatkan peserta didik pada teknologi yang selalu ada di dekatnya menjadikan materi pembelajaran lebih menyenangkan. Konten pembelajaran ini lebih menarik dibandingkan dengan media pembelajaran berupa buku karena bersifat interaktif, dilengkapi dengan teks, audio, visual, animasi, simulasi dalam penyampaian materi sehingga informasi pembelajaran disampaikan lebih menyenangkan, menarik, mudah dimengerti dan jelas. Informasi pembelajaran menjadi lebih mudah diserap peserta didik karena melibatkan semua indra terutama mata dan telinga. 

Lalu, bagaimana cara mengakses Portal Rumah Belajar? Gampang, pengguna dapat melakukan pencarian melalui mesin pencari seperti Google, Mozilla atau Crome dengan mengetik https://belajar.kemdikbud.go.id atau menginstal aplikasi Rumah Belajar melalui Playstore pada handphone. Setelah Portal Rumah Belajar terbuka, lakukan pendaftaran dengan cara memilih tipe pengguna (guru, siswa atau umum) lalu mengisi data pengguna secara lengkap hingga nama pengguna tertera dalam menu beranda. Ketika telah terdaftar, pengguna akan dapat menikmati beragam fitur yang telah disediakan di Portal Rumah Belajar. Sangat mudah bukan?

Rumah Belajar akan memberikan banyak manfaat bagi guru, siswa, dan sekolah karena pengembangan sumber belajar dilakukan oleh tenaga yang terlatih dan selalu didasarkan pada referensi sehingga dijamin kualitasnya. Siswa yang menjadi pengguna dapat belajar secara mandiri dengan berbagai pendekatan yang sesuai sehingga mampu mengarahkan, memotivasi dan mengatur dirinya sendiri dalam pembelajaran. Bagi guru secara optimal dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilan, memfasilitasi pembelajaran, memberikan pemahaman yang benar mengenai hal-hal yang dibutuhkan dalam pembelajaran. Selain itu, sekolah yang menggunakan Portal Rumah Belajar akan dapat menata dan menyediakan infrastruktur atau perangkat TIK yang dibutuhkan untuk mendukung pembelajaran.

 

"𝑴𝒆𝒓𝒅𝒆𝒌𝒂 𝑩𝒆𝒍𝒂𝒋𝒂𝒓, 𝑹𝒖𝒎𝒂𝒉 𝑩𝒆𝒍𝒂𝒋𝒂𝒓 𝑷𝒐𝒓𝒕𝒂𝒍𝒏𝒚𝒂, 𝑴𝒂𝒋𝒖 𝑰𝒏𝒅𝒐𝒏𝒆𝒔𝒊𝒂"

#merdekabelajar
#rumahbelajarportalnya
#majuIndonesia
#pusdatin_kemdikbud
#PembaTIK2020
#RumahBelajar

































1 komentar: