Pada
Kelas V Sekolah Dasar, tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1)
kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4)
keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran
intrakurikuler, kokurikuler, dan atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut. Kompetensi Pengetahuan: Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain. Kompetensi keterampilan: Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Berikut ini adalah pemetaan materi matematika kelas V SD dan pemilihan tayangan dari siaran Televisi Edukasi lengkap dengan RPP nya yang sudah diupload di Guru Berbagi
3.1 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda.
Bentuk Pecahan I
Pecahan I Gemar Matematika I Matematika SD I Seg.1
https://www.youtube.com/watch?v=oZAbGc3Nd0w
Penjumlahan &
Pengurangan Pecahan I Operasi Hitung Pecahan I Gemar Matematika I Matematika SD
ISeg.1 https://www.youtube.com/watch?v=JGgyo6CXTno
Link RPP https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/rpp-penjumlahan-dan-pengurangan-pecahan-tve/
4.1
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan dua
pecahan dengan penyebut berbeda.
Pasti Bisa
Matematika Sd "Menyelesaikan Masalah Bilangan, Pecahan Dan
Perbandingan" Segmen 1 https://www.youtube.com/watch?v=QW6KvmflapA
Link
RPP https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/rpp-tve-menyelesaikan-masalah-pecahan/
3.2
Menjelaskan pecahan desimal dan persen serta melakukan perkalian dan pembagian
pecahan dan desimal serta persen
Perkalian &
Pembagian Pecahan I Operasi Hitung Pecahan I Gemar Matematika I Matematika SD I
Seg.2 https://www.youtube.com/watch?v=AWQz1mDd0PI
Link
RPP https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/rpp-tve-perkalian-dan-pembagian-pecahan/
4.2
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perkalian dan pembagian pecahan dan
desimal serta persen.
Operasi Campuran
pada Pecahan I Operasi Hitung Pecahan I Gemar Matematika I Matematika SD I
Seg.3 https://www.youtube.com/watch?v=U28CCgFMPgs
Link
RPP https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/rpp-tve-masalah-perkalian-pembagian-pecahan/
3.3
Menjelaskan skala melalui denah.
Perbandingan
Senilai I Perbandingan dan Skala I Gemar Matematika I Matematika SD I Seg.1
https://www.youtube.com/watch?v=u5X71mVoXHQ
Perbandingan Berbalik Nilai I Perbandingan dan Skala I Gemar Matematika I Matematika SD I Seg.2 https://www.youtube.com/watch?v=DJfVkphURko
Link RPP https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/rpp-rumah-belajar-mekanisme-sistem-pernafasan/
4.3
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan skala pada denah.
Perbandingan pada
Skala I Perbandingan dan Skala I Gemar Matematika I Matematika SD I Seg.3
https://www.youtube.com/watch?v=X1SCl5cBeJE
Link
RPP https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/rpp-tve-menyelesaikan-masalah-skala-pada-denah/
3.4
Menjelaskan dan menemukan jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan
balok)
Jaring jaring
Kubus dan Balok I Sifat-Sifat Bangun Ruang I Gemar Matematika I Matematika SD I
Seg.3 https://www.youtube.com/watch?v=Q3-_ODmdwlA
Link RPP https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/rpp-tve-jaring-jaring-kubus-dan-balok/
4.4
Membuat jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok).
Jaring jaring
Kubus dan Balok I Sifat-Sifat Bangun Ruang I Gemar Matematika I Matematika SD I
Seg.3 https://www.youtube.com/watch?v=Q3-_ODmdwlA
Link RPP https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/rpp-tve-membuat-jaring-jaring-kubus-balok/
3.5
Menjelaskan data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan
sekitar serta cara pengumpulannya.
Penyajian Data
dalam Tabel I Penyajian Data I Gemar Matematika I Matematika SD I Seg.1
https://www.youtube.com/watch?v=8SLak2F7-_w
Link RPP https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/rpp-tve-penyajian-data/
4.5
Menganalisis data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan
sekitar serta cara pengumpulannya.
Pasti Bisa|
Matematika Sd| Pengolahan Data Seg 1
https://www.youtube.com/watch?v=_oH_WhtgBdI
Link RPP https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/rpp-tve-menganalisis-data/
3.6
Menjelaskan penyajian data yang berkaitan dengan diri peserta didik dan
membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar dalam bentuk tabel, diagram
batang, atau diagram garis.
Penyajian Data
dalam Diagram Batang I Penyajian Data I Gemar Matematika I Matematika SD I
Seg.2 https://www.youtube.com/watch?v=VX4gwwMWo6A
Link RPP https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/rpp-tve-diagram/
4.6
Mengorganisasikan dan menyajikan data yang berkaitan dengan diri peserta didik
dan membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar dalam bentuk tabel,
diagram batang, atau diagram garis.
Pasti Bisa|
Matematika Sd| Pengolahan Data Seg 2
https://www.youtube.com/watch?v=PJneAS6rUio
Pasti Bisa|
Matematika Sd| Pengolahan Data Seg 3
https://www.youtube.com/watch?v=QIYsNfdcNUo
Link RPP https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/rpp-tve-menyajikan-data/
sangat bermanfaat
BalasHapus