"Jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan" - Imam Syafi'i ___ "Setiap orang adalah guru, dan setiap rumah adalah sekolah" - Ki Hadjar Dewantara ___ "Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan" - Mario Teguh____ "Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan, tapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan" – Ali bin Abi Thalib

Label

Berbagi (49) Info (48) Sosialisasi (33) Belajar (28) Media Cetak (18) Pena (14) Motivasi (13) Vlog (9) Kemitraan (6) RPP (4)

Jumat, 16 Oktober 2020

Webinar Berbagi Kreasi dan Inovasi dalam Pembelajaran


JUMAT BERKAH BERBAGI BERSAMA DUTA RUMAH BELAJAR DAN SAHABAT RUMAH BELAJAR LINTAS PROVINSI Apa kabar sahabat rumah belajar dan Bapak Ibu guru hebat di seluruh nusantara. Mewabahnya virus corona secara langsung berdampak pada pembelajaran menjadi pembelajaran jarak jauh. Guru harus berinovasi memanfaatkan sumber daya yang ada untuk mengoptimalkan kegiatan pembelajaran pada masa PJJ. Rumah belajar hadir sebagai solusi yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa. Dalam kesempatan ini Duta Rumah Belajar lintas Provinsi dan Sahabat Rumah Belajar berbagi mengenai praktik baik yang dilakukan dalam masa pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan Portal Rumah Belajar. 

Dengan adanya pandemi COVID-19 telah memaksa seluruh pihak stakeholder pendidikan mau tidak mau harus bisa memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran untuk mendukung program Belajar Dari Rumah. Guru dituntut untuk tetap mampu memberikan pelayanan pembelajaran kepada siswa yang harus dirumah saja untuk itu sangat penting bagi para pendidik khususnya guru untuk mampu menguasai teknologi dan aplikasi yang dapat membantu siswa belajar secara maksimal dari rumah.

Untuk mendukung pembelajaran dari rumah, Pusdatin Kemdikbud melalui platform Rumah Belajar menghadirkan pembelajaran daring yang dapat diakses secara online maupun offline. Rumah Belajar hadir untuk membantu para stakeholder Pendidikan untuk tetap dapat memberikan layanan pembelajaran dari Rumah. Portal Rumah Belajar merupakan salah satu laman pembelajaran yang di dalamnya terdapat beragam konten dan aktivitas pembelajaran. Rumah Belajar dapat diakses melalui alamat https://belajar.kemdikbud.go.id/. Terdapat 4 (empat) fitur utama di Rumah Belajar, yaitu: Sumber Belajar, Kelas Digital., Bank Soal, dan Laboratorium Maya. Serta terdapat 5 fitur lainnya, yaitu: Buku Sekolah Elektronik, Modul Digital, Peta Budaya, Wahana Jelajah Angkasa, dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.

Berbagi telah menjadi budaya bangsa dan negara Indonesia dg prinsip gotong royong, bersatu kita teguh bercerai kita runtuh, se-ia dan sekata mencapai tujuan bersama, serta merasa satu ikatan perjuangan menjadikan rumah belajar sebagai wadah dan wahana belajar bagi semua kapan saja, dimana saja dan dengan siapa saja.

Acara ini digelar hari Jumat, 16 Oktober 2020, Pukul : 14.00 – 16.00 WIB, pembicara tamu: Raden Roro Martiningsih, S.Pd., M.Pd. (Duta Terbaik Nasional 2017), Syamsiah, S.Kom (DRB DKI Jakarta 2017), Betty Marlina, S.Pd., Gr. (DRB Sumsel 2019), Sri Rahayu Ningsih, S.Pd. (DRB Riau 2019). Narasumber: Heri, S.Si., MM. Gr. SRB DKI Jakarta 2020 (Materi: Integrasi Medsos dan Rumah Belajar dalam Metode Pembelajaran Flipped Classroom), Linggawati, S.Pd., MM. SRB Sumatera Selatan 2020 (Materi: Pemanfaatan Fitur Sumber belajar untuk penilaian dalam bentuk kuis berbantuan edpuzzle, Salma Nabila, S.Pd. SRB Jawa Timur Tahun 2020 (Materi: Mobile edukasi dalam pembelajaran), Masriyani, S.Pd. SRB Riau 2020 (Materi: PJJ asyik dengan edugame), Moderator: Amirudin Wabula, S.Pd SRB Maluku 2020, Zoom Meeting, https://zoom.us/j/6256090634?pwd=Z1hXazcrc3FDK2FLT2VyU1B6T29GUT09, ID: 625 609 0634, Pass: rumbel.

Jika Sahabat Rumah Belajar ada yang ingin memberi komentar, silakan menuliskan komentar di bawah ya...

 Daftar Hadir

 

 

1 komentar:

  1. Bu Salma, saya sudah download aplikasi Rumah Belajar. Mantap banget bu, saya juga sudah belajar membuat video. Sip bu. Saya sekarang menerima editing video untuk manten.

    BalasHapus