"Jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan" - Imam Syafi'i ___ "Setiap orang adalah guru, dan setiap rumah adalah sekolah" - Ki Hadjar Dewantara ___ "Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan" - Mario Teguh____ "Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan, tapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan" – Ali bin Abi Thalib

Label

Berbagi (49) Info (48) Sosialisasi (33) Belajar (28) Media Cetak (18) Pena (14) Motivasi (13) Vlog (9) Kemitraan (6) RPP (4)

Jumat, 30 Oktober 2020

Parade Sharing Membumikan Rumah Belajar 3


PRIBUMI (Parade Sharing Membumikan Rumah Belajar) jilid ketiga dengan narasumber Salma Nabila yang merupakan SD Bina Putra Surabaya dan sahabat Rumah Belajar provinsi Jawa Timur dengan membawakan materi Pemanfaatan Sumber Belajar dan Pengembangan Konten Video Animasi 3 Dimensi. Narasumber lainnya yaitu Ibu Selly Aprilyana, guru SMP Negeri 11 Bintan dan merupakan Sahabat Rumah Belajar Provinsi Kepulauan Riau dengan materi Belajar Asyik dengan Carousel. Narasumber dalam PRIBUMI ini juga ada Ibu Wahyuni, S. Pd., Gr, guru SD Inpres 116 Johsiro yang merupakan shabat Rumah Belajar Provinsi Papua Barat dengan materi Berbagi Inovasi Pemanfaatan Portal Rumah Belajar di daerah 3T. Acara ini dilakukan melalui Zoom Meeting dengan link https://zoom.us/j/8352442337... atau: https://bit.ly/web28okto Meeting ID: 835 244 2337 dan Passcode: belajar. Acara ini juga disirakan live melalui Youtube dengan link https://bit.ly/live28okto atau https://www.youtube.com/watch?v=m2-Bo1SbL2s&t=389s.

Pada sesi pertama, ibu Wahyuni berbagi inovasi pemanfaatan portal Rumah Belajar di Daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar). Di daerah 3T telah mendapat bantuan, namun jaringan kadang hilang. Kebanyakan siswa tidak memiliki handphone. Di daerah tidak ada listrik, terutama di malam hari di mana pencahayaan dibantu oleh lilin maupun lampu minyak. Kemampuan belajar masih sangat lemah, namun dalam belajar diberikan solusi berupa video pembelajaran yang diunduh di kota, kemudian dibawa dan dipresentasikan di daerah. Fitur-fitur dalam Rumah Belajar sangat membantu karena dapat dimanfaatkan secara online dan offline. Serta banyak sumber belajar lainnya yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran. Langkah-langkah pemanfaatan portal Rumah Belajar di daerah 3T di masa pandemi covid-19. Pertama guru membuat modul pembelajaran sesuai dengan kurikulum dengan mengunduh video yang sesuai materi serta membuat tangkapan layar untuk materi yang dicetak. Kemudian guru membuat jadwal peserta didik untuk mengambil dan mengembalikan modul ke sekolah. Jika ada peserta didik yang rumahnya jauh dari sekolah maka guru membentuk relawan noken. Apabila peserta didik jumlahnya banyak, maka guru membuat kelompok belajar dan secara berkala guru mengunjungi kelompok belajar tersebut, tetap dengan memperhatikan protokol kesehatan. Untuk latihan, guru membuat soal dengan mengakses fitur bank soal, kemudian mencetak dan diberikan ke siswa.

Di sesi ke dua Ibu Selly Aprilyana menjelaskan tentang carousel, carousel adalah pin yang berisi beberapa gambar. Carousel adalah cara yang sangat baik untuk memamerkan berbagai fitur produk, mengiklankan beberapa produk sekaligus, atau menceritakan kisah merek Anda dalam beberapa bab. Orang-orang melihat pin carousel pada sajian beranda sama seperti pin lainnya. Mereka dapat menggeser gambar (atau kartu) yang berbeda secara langsung dari sajiannya. Atau, mereka dapat mengetuk pin carousel lalu menggeser setiap kartu dan situs terkait, yang pada dasarnya menggeser halaman tujuan yang berbeda. Ketika menyimpan carousel, artinya seseorang menyimpan seluruh pin termasuk semua kartu di dalamnya.Carousel ini juga dapat dibuat menggunakan aplikasi canva. Dengan ukuran 1080x1080 pixel untuk setiap postingan, maka apabila dibuat 5, maka menjadi 5400x1080. Kemudian kita desain dengan animasi, gambar, maupun teks yang kita inginkan.

Dalam sesi ketiga, Salma Nabila, sahabat Rumah Belajar Jawa Timur, menerangkan mengenai Pemanfaatan Sumber Belajar dan Pengembangan Konten Video Animasi 3 Dimensi. Dalam implementasi pemanfaatan sumber belajar dari portal Rumah Belajar, Salma mendesain dari pra, inti, hingga pasca pembelajaran. Untuk fitur sumber belajar, kita tidak hanya dapat memanfaatkan saja, namun kita juga dapat mengisi konten dalam fitur Rumah Belajar ini. Kita dapat mengisi konten berupa video pembelajaran dan MPI (Multimedia Pembelajaran Interaktif). Dalam sharing session ini Salma mencontohkan video pembelajaran berupa video pembelajaran animasi 3 dimensi. Membuat video animasi 3 dimensi ini dapat dilakukan dengan menggunakan kombinasi aplikasi adobe illustrator, zepeto, paint dan zepeto creator studio. Merdeka belajar, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia. #Pusdatin_Kemdikbud #Pembatik2020 #DutaRumahBelajar2020 #RumahBelajar


1 komentar: