"Jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan" - Imam Syafi'i ___ "Setiap orang adalah guru, dan setiap rumah adalah sekolah" - Ki Hadjar Dewantara ___ "Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan" - Mario Teguh____ "Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan, tapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan" – Ali bin Abi Thalib

Label

Berbagi (49) Info (48) Sosialisasi (33) Belajar (28) Media Cetak (18) Pena (14) Motivasi (13) Vlog (9) Kemitraan (6) RPP (4)

Selasa, 20 Oktober 2020

Implementasi Sumber Belajar dalam Pembelajaran | Vlog Tugas Akhir PembaTIK Level 4 Tahun 2020


 


Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh, Om swastiyastu, Namo buddhaya, Salam Kebajikan. Hai apa kabar Sahabat Rumah Belajar? Piye kabare rek? Yok opo, apik-apik ae tah? Sebelumnya saya mau berpantun dulu ya... Mlaku-mlaku tuku sarapan. Sarapan pecel karo acar. Sungguh senang bisa berkenalan. Yuk belajar dengan Rumah Belajar

Dalam vlog ini  https://www.youtube.com/watch?v=ujA_hqEfKq0 saya akan berbagi mengenai Implementasi Sumber Belajar dalam Pembelajaran. Nah karena saya menggunakan model Flipped classroom maka saya mencari tahu terlebih dahulu apa itu flipped classroom di https://sibatik.kemdikbud.go.id/inovatif/beranda/tutorial kemudian saya memetakan materi yang saya ajarkan. Karena saya adalah guru kelas 5 maka saya memetakan materi yang ada pada kelas 5 apa saja indikator dan tujuan yang saya gunakan. Dari situ saya mencari materi yang ingin say ajarkan kepada siswa saya, saya mencari di Sumber Belajar https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/ pada Portal Rumah Belajar https://belajar.kemdikbud.go.id/ tentunya sesuai dengan materi yang akan saya ajarkan kepada siswa. Pemetaan sudah ada di blog  https://salmasahabatrumahbelajar.blogspot.com/search/label/RPP.

Tahapan selanjutnya saya membuat RPP Flipped Classroom berbasis Rumah Belajar. Nah semua RPP yang telah saya buat, telah saya upload di https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/ serta saya unggah di blog saya. Setelah itu saya komunikasikan melalui whatsapp grup tentang apa yang akan saya ajarkan kepada siswa saya bahwa besok kami akan belajar menggunakan Rumah Belajar.

Pembelajaran Tatap Muka Maya saya gunakan menggunakan zoom. Mulai dari mengucap salam, mengecek alat tulis siswa saya, berdoa, menyanyikan lagu nasional, dan melakukan absensi. Kemudian saya juga memberikan motivasi kepada siswa saya sert amelakukan tanya jawab tentang pembelajaran sebelumnya. Apabila siswa saya ada yang ingin bertanya.

Kemudian saya dan siswa saya membahas video dalam Sumber Belajar Tersebut serta melakukan diskusi dan tanya jawab. Saya juga memberikan latihan pemecahan masalah melalui LKS yang saya bagikan kepada siswa saya. Tentunya peran saya pada saat siswa saya mengerjakan LKS yaitu memfasilitasi siswa saya terkait masalah yang diberikan. Kemudian saya memberikan refleksi dan umpan balik terhadap pelajaran yang telah berikan dan kepada siswa yang saya ajar. Pada pertemuan berikutnya saya memberikan video pembelajaran dari Sumber Belajar kepada siswa saya. Selanjutnya di penutup saya berdoa dan memberikan salam penutup. Setelah pembelajaran tatap muka maya saya selesai, saya tetap melayani diskusi tanya jawab melalui whatsapp. Kemudian saya jugameminta testimoni dari siswa saya mengenai pembelajaran yang saya berikan dengan Rumah Belajar. Kemudian saya tak lupa untuk menuliskan apa yang telah saya lakukan di http://pena.belajar.kemdikbud.go.id/

Jadi itu tadi sahabat implementasi sumber belajar dalam pembelajaran yang saya lakukan. Jangan lupa terus belajar di Rumah belajar. Di belajar.kemdikbud.go.id.  Belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja. Merdeka Belaajrnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia. 

Sahabat Rumah Belajar, vlog ini sudah diunggah di chanel Youtube saya di  segera setalah diunggah, selanjutnya link Youtube https://www.youtube.com/watch?v=ujA_hqEfKq0   dibagikan ke seluruh grup guru, grup komunitas, grup keluarga, grup teman SMA, teman kuliah, juga karang taruna. Tak lupa meminta dukungan dari Ibu Mamik Kabid GTK Dinas Pendidikan Kota Surabaya dan Ibu Novi Kasi GTK Dinas Pendidikan Kota Surabaya untuk membantu menyebarluaskan praktik baik pemanfaatan Rumah Belajar dalam pembelajaran daring di masa pandemi ini. Vlog juga sudah saya share di seluruh akun media sosial saya









4 komentar: