Berkelana Bersama Rumah Belajar hari keempat 8 Oktober 2020 ini dengan bintang tamu DRB Gloria, DRB Fatma, DRB Arnadi, dan Ibu Ponco Guru SILN Den Haag. Materi akan diisi oleh Arief Amirudin SRB Bangka belitung dengan tema Pemanfaatan Fitur Edugame Rumah Belajar. Materi kedua oleh Epi Rimma SRB Sulawesi Tengah dengan tema Penerapan Model Pembelajaran SOLE dengan Menggunakan Portal Rumah Belajar. Materi ketiga oleh Maya Fitriningsih SRB Sulawesi Tengah dengan tema Membuat Karakter Animasi Sederhana Menggunakan Animaker. Tampilan Keempat adalah Budi Santoso SRB Maluku dengan judul materi Pembuatan Video Pembelajaran untuk Sumber Belajar.
Arief Amirudin SRB Bangka belitung
dengan tema Pemanfaatan Fitur Edugame Rumah Belajar. Media pembelajaran tidak
dapat dipisahkan dari proses pembelajaran karena media pembelajaran berperan
penting dalam menyalurkan pesan dan informasi dari sumber belajar kepada siswa.
Tanpa adanya saluran atau media pembelajaran maka info yang akan disampaikan kepada
siswa tidak dapat tersampaikan dengan maksimal, atau bahkan lebih berbahaya
akan disalahartikan saat diserap siswa. Aplikasi game untuk media pembelajaran
atau disebut juga education game yangbermula dari perkembangan video game yang
sangat pesat dapat menjadikannya sebagai media alternatif untuk kegiatan
pembelajaran. Bermain sambil belajar dengan fitur Edugame Rumah Belajar, fitur
ini menyediakan beragam gim interaktif yang dapat dimanfaatkan oleh siswa baik
secara mandiri maupun dengan bimbingan guru atau orang tua. Permainan yang
disediakan telah dirancang untuk membantu siswa memahami konsep dasar dari
materi yang disajikan.
Materi kedua oleh Epi Rimma SRB
Sulawesi Tengah dengan tema Penerapan Model Pembelajaran SOLE dengan Menggunakan
Portal Rumah Belajar. Rumah Belajar dipilih dalam
Pembelajaran SOLE ini karena Rumah Belajar memberikan layanan ketersediaan
sumber media pembelajaran dalam bentuk bahan belajar interaktif yang dilengkapi
dengan media pendukung gambar, animasi, video dan simulasi, serta dalam bentuk
buku digital. Konten-konten yang ada pada Rumah Belajar tersebut disediakan
untuk berbagai tujuan, agar pendidik dan peserta didik dapat melaksanakan
pembelajaran secara komprehensif.
Model pembelajaran SOLE dengan
memanfaatkan Rumah Belajar memiliki tujuan membentuk kompetensi yang dimiliki
oleh peserta didik. Kompetensi yang diharapkan akan terbentuk dalam diri
peserta didik melalu model pembelajaran SOLE ini antara lain: 1) Berfikir
kreatif (Creative Thinking), karena pemanfaatan Rumah Belajar merangsang
setiap peserta didik untuk melatih rasa ingin tahu yang dimilikinya dengan
memberikan pertanyaan-pertanyaan. Berbekal rasa ingin tahu dan menggunakan
fasilitas internet, peserta didik mencari alternatif jawaban terhadap
pertanyaan yang diberikan. 2) Kemampuan memecahkan masalah (Problem soving
capability) melalui Rumah Belajar karena peserta didik mencari
jawaban dengan menggunakan dan memanfaatkan Rumah Belajar, membuat peserta
didik dirangsang untuk memecahkan masalah.
Materi ketiga oleh Maya Fitriningsih
SRB Sulawesi Tengah dengan tema Membuat Karakter Animasi Sederhana Menggunakan
Animaker. Animaker lebih mudah membuat video animasi pembelajaran. Yuk simak
bagaimana teknik dan kiatnya. Pertama, klik new project, pilih template jika
ingin menggunakan template. Jika ingin membuat proyek kosong, dapat mendesain
sendiri. Klik new scene untuk memilih background yang disediakan. Atau jika
ingin menggunakan background kita sendiri dapat klik di bagian bawah di atas timeline
tulisan background dan kita upload background dari laptop kita. Kemudian pilih
roles (karakter yang telah disediakan). Pilih ekspresi yang diinginkan.
Pilih animasi masuk dan pergerakan roles. Jika ingin dibalik dengan efek
mirror, klik flip horizontally.
Jika ingin menambahkan teks, pilih text dan pilih model tulisan
dan ukuran tulisan. Kita dapat menambahkan shape, gambar, video, callout, rumus
dan lain-lain di kolom sebelah kanan. Kita juga dapat mengatur timeline setiap
gambar, video, tulisan, dan asset lainnya. Setelah semua scene, timeline,
pergerakan dan animasi telah selesai diatur. Kita dapat klik publish. Pilih
hasil video sebagai video atau gif. Pilih resolusi dan hasil format video yang
diinginkan. Pilih tempat penyimpanan tujuan video. Setelah itu klik publish.
Tampilan
Keempat adalah Budi Santoso SRB Maluku dengan judul materi Pembuatan Video
Pembelajaran untuk Sumber Belajar dengan mempergunakan Kinemaster. Sebelumnya
kita harus mempunyai app KineMaster. Buka app KineMaster, maka akan muncul
tampilan depan KineMaster. Lalu, klik tanda (+). Kemudian, akan muncul tampilan
untuk memilih rasio video yang akan kalian buat. Misalnya kalian ingin membuat
video youtube kalian bisa memilih rasio 16:9. Selanjutnya akan muncul tampilan
seperti ini, pertama kalian bisa klik “media” untuk menambahkan
beberapa foto atau video yang merupakan bahan untuk kalian edit.
Jika kalian ingin menambahkan tulisan tangan, hamparan, efek, media (foto tambahan), ataupun text, kalian bisa mempause bagian yang ingin kalian tambahkan lalu klik “Lapisan” maka kalian bisa memilih apa yang akan kalian tambahkan. Jika kalian ingin menambahkan text, maka akan muncul tampilan seperti ini. Kalian juga bisa memilih style font nya dan mengatur letaknya. Selanjutnya, jika kalian memasukkan beberapa gambar atau video maka antara satu gambar dengan gambar lain maupun video akan terdapat tanda jeda. Dan kalian bisa memilih efek yang akan diterapkan di menu “Efek Transisi”.
Nah,
jika kita membuat video tanpa musik kurang asik kan ya. Jadi, untuk menambahkan
musik pada video yang kalian buat, kalian bisa klik “Audio” lalu akan
muncul tampilan seperti ini, kalian bisa memilih musik sesuai keinginan kalian.
Lalu klik “(+)” untuk menambahkan musik pilihan kalian. Lalu klik tanda
“centang” di pojok kanan atas. Bukan hanya musik saja kalian juga bisa
menambahkan sound efek di “Assets SFX” dan kalian juga dapat merekam
suara dengan menklik simbol microfon “Suara”. Jika kalian sudah selesai
membuat video, maka klik tanda “berbagi”. Selanjutnya kalian tinggal klik “Ekspor”.
Terimakasih kesempatannya untuk sharing pemanfaatan Rumah Belajar yang sangat membantu SIDH dalam memfasilitasi PJJ SIDH.
BalasHapus