"Jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan" - Imam Syafi'i ___ "Setiap orang adalah guru, dan setiap rumah adalah sekolah" - Ki Hadjar Dewantara ___ "Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan" - Mario Teguh____ "Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan, tapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan" – Ali bin Abi Thalib

Label

Berbagi (49) Info (48) Sosialisasi (33) Belajar (28) Media Cetak (18) Pena (14) Motivasi (13) Vlog (9) Kemitraan (6) RPP (4)

Kamis, 08 Oktober 2020

Berkelana Bersama Rumah Belajar Hari Keempat 8 Oktober 2020 Dengan Bintang Tamu DRB Gloria, DRB Fatma, DRB Arnadi, dan Ibu Ponco dari SILN

Berkelana Bersama Rumah Belajar hari keempat 8 Oktober 2020 ini dengan bintang tamu DRB Gloria, DRB Fatma, DRB Arnadi, dan Ibu Ponco Guru SILN Den Haag. Materi akan diisi oleh Arief Amirudin SRB Bangka belitung dengan tema Pemanfaatan Fitur Edugame Rumah Belajar. Materi kedua oleh Epi Rimma SRB Sulawesi Tengah dengan tema Penerapan Model Pembelajaran SOLE dengan Menggunakan Portal Rumah Belajar. Materi ketiga oleh Maya Fitriningsih SRB Sulawesi Tengah dengan tema Membuat Karakter Animasi Sederhana Menggunakan Animaker. Tampilan Keempat adalah Budi Santoso SRB Maluku dengan judul materi Pembuatan Video Pembelajaran untuk Sumber Belajar.

Arief Amirudin SRB Bangka belitung dengan tema Pemanfaatan Fitur Edugame Rumah Belajar. Media pembelajaran tidak dapat dipisahkan dari proses pembelajaran karena media pembelajaran berperan penting dalam menyalurkan pesan dan informasi dari sumber belajar kepada siswa. Tanpa adanya saluran atau media pembelajaran maka info yang akan disampaikan kepada siswa tidak dapat tersampaikan dengan maksimal, atau bahkan lebih berbahaya akan disalahartikan saat diserap siswa. Aplikasi game untuk media pembelajaran atau disebut juga education game yangbermula dari perkembangan video game yang sangat pesat dapat menjadikannya sebagai media alternatif untuk kegiatan pembelajaran. Bermain sambil belajar dengan fitur Edugame Rumah Belajar, fitur ini menyediakan beragam gim interaktif yang dapat dimanfaatkan oleh siswa baik secara mandiri maupun dengan bimbingan guru atau orang tua. Permainan yang disediakan telah dirancang untuk membantu siswa memahami konsep dasar dari materi yang disajikan.

Materi kedua oleh Epi Rimma SRB Sulawesi Tengah dengan tema Penerapan Model Pembelajaran SOLE dengan Menggunakan Portal Rumah Belajar. Rumah Belajar dipilih dalam Pembelajaran SOLE ini karena Rumah Belajar memberikan layanan ketersediaan sumber media pembelajaran dalam bentuk bahan belajar interaktif yang dilengkapi dengan media pendukung gambar, animasi, video dan simulasi, serta dalam bentuk buku digital. Konten-konten yang ada pada Rumah Belajar tersebut disediakan untuk berbagai tujuan, agar pendidik dan peserta didik dapat melaksanakan pembelajaran secara komprehensif.

Model pembelajaran SOLE dengan memanfaatkan Rumah Belajar memiliki tujuan membentuk kompetensi yang dimiliki oleh peserta didik. Kompetensi yang diharapkan akan terbentuk dalam diri peserta didik melalu model pembelajaran SOLE ini antara lain: 1) Berfikir kreatif (Creative Thinking), karena pemanfaatan Rumah Belajar merangsang setiap peserta didik untuk melatih rasa ingin tahu yang dimilikinya dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan. Berbekal rasa ingin tahu dan menggunakan fasilitas internet, peserta didik mencari alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang diberikan. 2) Kemampuan memecahkan masalah (Problem soving capability) melalui Rumah Belajar  karena peserta didik mencari jawaban dengan menggunakan dan memanfaatkan Rumah Belajar, membuat peserta didik dirangsang untuk memecahkan masalah.

Materi ketiga oleh Maya Fitriningsih SRB Sulawesi Tengah dengan tema Membuat Karakter Animasi Sederhana Menggunakan Animaker. Animaker lebih mudah membuat video animasi pembelajaran. Yuk simak bagaimana teknik dan kiatnya. Pertama, klik new project, pilih template jika ingin menggunakan template. Jika ingin membuat proyek kosong, dapat mendesain sendiri. Klik new scene untuk memilih background yang disediakan. Atau jika ingin menggunakan background kita sendiri dapat klik di bagian bawah di atas timeline tulisan background dan kita upload background dari laptop kita. Kemudian pilih roles (karakter yang telah disediakan).  Pilih ekspresi yang diinginkan. Pilih animasi masuk dan pergerakan roles. Jika ingin dibalik dengan efek mirror, klik flip horizontally.

Jika ingin menambahkan teks, pilih text dan pilih model tulisan dan ukuran tulisan. Kita dapat menambahkan shape, gambar, video, callout, rumus dan lain-lain di kolom sebelah kanan. Kita juga dapat mengatur timeline setiap gambar, video, tulisan, dan asset lainnya. Setelah semua scene, timeline, pergerakan dan animasi telah selesai diatur. Kita dapat klik publish. Pilih hasil video sebagai video atau gif. Pilih resolusi dan hasil format video yang diinginkan. Pilih tempat penyimpanan tujuan video. Setelah itu klik publish.

Tampilan Keempat adalah Budi Santoso SRB Maluku dengan judul materi Pembuatan Video Pembelajaran untuk Sumber Belajar dengan mempergunakan Kinemaster. Sebelumnya kita harus mempunyai app KineMaster. Buka app KineMaster, maka akan muncul tampilan depan KineMaster. Lalu, klik tanda (+). Kemudian, akan muncul tampilan untuk memilih rasio video yang akan kalian buat. Misalnya kalian ingin membuat video youtube kalian bisa memilih rasio 16:9. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti ini, pertama kalian bisa klik “media” untuk menambahkan beberapa foto atau video yang merupakan bahan untuk kalian edit.

 Jika kalian ingin menambahkan tulisan tangan, hamparan, efek, media (foto tambahan), ataupun text, kalian bisa mempause bagian yang ingin kalian tambahkan lalu klik “Lapisan” maka kalian bisa memilih apa yang akan kalian tambahkan. Jika kalian ingin menambahkan text, maka akan muncul tampilan seperti ini. Kalian juga bisa memilih style font nya dan mengatur letaknya. Selanjutnya, jika kalian memasukkan beberapa gambar atau video maka antara satu gambar dengan gambar lain maupun video akan terdapat tanda jeda. Dan kalian bisa memilih efek yang akan diterapkan di menu “Efek Transisi”.

Nah, jika kita membuat video tanpa musik kurang asik kan ya. Jadi, untuk menambahkan musik pada video yang kalian buat, kalian bisa klik “Audio” lalu akan muncul tampilan seperti ini, kalian bisa memilih musik sesuai keinginan kalian. Lalu klik “(+)” untuk menambahkan musik pilihan kalian. Lalu klik tanda “centang” di pojok kanan atas. Bukan hanya musik saja kalian juga bisa menambahkan sound efek di “Assets SFX” dan kalian juga dapat merekam suara dengan menklik simbol microfon “Suara”. Jika kalian sudah selesai membuat video, maka klik tanda “berbagi”.  Selanjutnya kalian tinggal klik “Ekspor”.














1 komentar:

  1. Terimakasih kesempatannya untuk sharing pemanfaatan Rumah Belajar yang sangat membantu SIDH dalam memfasilitasi PJJ SIDH.

    BalasHapus