"Jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan" - Imam Syafi'i ___ "Setiap orang adalah guru, dan setiap rumah adalah sekolah" - Ki Hadjar Dewantara ___ "Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan" - Mario Teguh____ "Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan, tapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan" – Ali bin Abi Thalib

Label

Berbagi (49) Info (48) Sosialisasi (33) Belajar (28) Media Cetak (18) Pena (14) Motivasi (13) Vlog (9) Kemitraan (6) RPP (4)

Jumat, 23 Oktober 2020

ROLES OF TEACHERS LEADERS BY GOGOT SUHARWOTO

 


Peran Guru sebagai Pemimpin, disampaikan oleh Bapak Gogot Suharwoto saat mengisi acara Kaledo pada tanggal 19 Oktober 2020 pukul 13.30 WIB hingga 16.30 WIB, KALEDO (Kita Lanjutkan Lebih Dekat Dengan Obrolan) diselenggarakan via aplikasi zoom.

Menurut pak Gogot, peran guru adalah Learnig Facilitator, Resources Provider, Catalyst for Change, Mentor, Positive Attitude, Celebrators, dan Learner.

1. Learning Facilitator adalah Fasilitator Pembelajaran  yang bertugas memfasilitasi kesempatan belajar. Jika guru bertindak sebagai fasilitator pembelajaran, maka siswa dapat fokus pada pembelajaran. Model ini dimulai dengan mengidentifikasi kebutuhan belajar siswa, tingkat pengetahuan dan keterampilan guru saat ini di daerah sasaran, dan jenis peluang belajar yang dibutuhkan oleh kelompok guru yang berbeda. Berikutnya adalah dapat mengembangkan dan menerapkan rencana pengembangan profesional berdasarkan temuan mereka.

2. Resource Provider adalah Penyedia Sumber Daya. Guru adalah penyedia sumber daya, apapun yang dibutuhkan oleh lingkungannya. Maksudnya guru menyediakan portal pembelajaran untuk siswa, materi pembelajaran, bacaan, atau sumber lain untuk digunakan dengan siswa. Sumber daya itu mungkin juga berupa artikel, buku, rencana pelajaran atau unit, dan alat penilaian.

3. Catalyst for Change adalah Katalis untuk Perubahan. Guru adalah pemimpin yang bisa menjadi katalisator untuk perubahan, visioner yang yang selalu berusaha untuk lebih baik. Guru yang berperan sebagai katalisator memiliki komitmen yang kuat untuk peningkatan kompetensinya.

4. Mentor. Sebagai mentor, guru melayani dan berfungsi sebagai panutan, mudah menyesuaikan diri, serta memberikan kontribusi yang signifikan untuk pengembangan dirinya menjadi lebih profesional

5. Positive attitude. Perilaku guru memiliki pengaruh yang kuat terhadap siswa. Guru harus sopan, berpengetahuan luas dan memiliki kebaikan karakter moral sehingga menciptakan suasana yang menguntungkan bagi siswa pada saat mengajar atau belajar. Jika gurunya ramah dan mudah didekati, maka siswa akan memiliki kesempatan untuk interaksi atau diskusi. Pengajaran juga tidak boleh sepihak, tapi harus bilateral agar ada harus ada interaksi timbal balik antara guru dan siswa. Interaksi siswa juga akan tergantung dari sikap para guru.

6. Celebrator. Guru menggunakan perayaan untuk memengaruhi motivasi siswa dan memastikan upaya yang dilakukan untuk mencapai tujuan. Saat kita mengenal dan mendiskusikan usaha siswa, perayaan menjadi motivator internal bagi siswa, bukan hanya sekedar merayakan prestasi

7. Learner. Guru haruslah terus belajar. Di antara peran terpenting yang diasumsikan oleh para pemimpin guru adalah sebagai pelajar. Pelajar mencontohkan peningkatan berkelanjutan, mendemonstrasikan pembelajaran seumur hidup, dan menggunakan apa yang mereka pelajari untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran.


Sahabat Rumah Belajar akan mendapatkan informasi lebih banyak 

di media sosial Rumah Belajar, yaitu di

facebook https://www.facebook.com/PortalRumahBelajar/ ,

instagram https://www.instagram.com/belajar.kemdikbud/?hl=id , 

dan juga youtube https://www.youtube.com/channel/UCRNtM6c--pQ0pXZ8xht9PLA

1 komentar: