"Jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan" - Imam Syafi'i ___ "Setiap orang adalah guru, dan setiap rumah adalah sekolah" - Ki Hadjar Dewantara ___ "Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan" - Mario Teguh____ "Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan, tapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan" – Ali bin Abi Thalib

Label

Berbagi (49) Info (48) Sosialisasi (33) Belajar (28) Media Cetak (18) Pena (14) Motivasi (13) Vlog (9) Kemitraan (6) RPP (4)

Jumat, 09 Oktober 2020

Pembinaan PJJ di Masa Pandemi dan Pemanfaatan Rumah Belajar dalam Pembelajaran di SMP Unggulan Bina Insani Surabaya


Pembinaan PJJ di Masa Pandemi dan Pemanfaatan Rumah Belajar dalam Pembelajaran di SMP Unggulan Bina Insani Surabaya oleh ibu Sofia Nurbaya Pengawas Dinas Pendidikan Kota Surabaya tentang pentingnya pemanfaatan Rumah Belajar.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, sekolah harus siap melakukan lompatan untuk melakukan transformasi pembelajaran daring bagi semua siswa dan oleh semua guru. Kita memasuki era baru untuk membangun kreatifitas, mengasah skill siswa, dan peningkatan kualitas diri dengan perubahan sistem, cara pandang dan pola interaksi kita dengan teknologi, itulah mengapa, Rumah belajar perlu terus digelorakan. Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru. Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis di https://belajar.kemdikbud.go.id/  selain itu Rumah Belajar bisa diunduh di Play Store dan Apps Store.

Pandemi COVID-19 ini menjadikan seluruh aktivitas manusia dibatasi, termasuk kegiatan pembelajaran—baik di jenjang sekolah dasar sampai jenjang perkuliahan mulai menerapkan kegiatan belajar dari rumah. Hal ini dilakukan untuk membatasi penyebaran virus yang masif. Kebijakan belajar dari rumah mulai diterapkan setelah menteri pendidikan dan kebudayaan mengeluarkan surat edaran nomor 2 tahun 2020 dan nomor 3 tahun 2020 tentang pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah dalam rangka pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). Sehingga Rumah Belajar perlu dimanfaatkan.

Kelebihan dari portal Rumah Belajar sebagai media pembelajaran menyenangkan adalah memungkinkan terjadinya interaksi langsung antara guru, peserta didik dan sumber belajar. Selain itu, proses pembelajaran dapat dilanjutkan di luar jam pembelajaran dengan mudah yaitu peserta didik tinggal membuka kembali materi pembelajaran yang baru disampaikan pada saat jam pembelajaran pada gawai yang dimilikinya. Tidak dapat dipungkiri, generasi digital sangat dekat dengan gawai, maka pembelajaran yang mendekatkan peserta didik pada teknologi yang selalu ada di dekatnya menjadikan materi pembelajaran lebih menyenangkan.









1 komentar: