"Jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan" - Imam Syafi'i ___ "Setiap orang adalah guru, dan setiap rumah adalah sekolah" - Ki Hadjar Dewantara ___ "Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan" - Mario Teguh____ "Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan, tapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan" – Ali bin Abi Thalib

Label

Berbagi (49) Info (48) Sosialisasi (33) Belajar (28) Media Cetak (18) Pena (14) Motivasi (13) Vlog (9) Kemitraan (6) RPP (4)

Selasa, 20 Oktober 2020

Webinar Pembelajaran Inovatif di Masa Pandemi


Webinar Pembelajaran Inovatif di Masa Pandemi ini pada hari Minggu tanggal 18 Oktober 2020, pukul 13.00-15.30 WIB dengan Zoom Meeting ID 397 295 6322 Passcode belaj4r. Webinar kali ini dengan narasumber Arvan Sri Cahya Saputra Sahabat Rumah Belajar DKI Jakarta, guru di SILN Jeddah. Materi yang disampaikan Pak Arvan adalah Integrasi Flipped Classroom dengan Sumber Belajar. Materi kedua disampaikan oleh Ibu Salma Nabila, Guru SD Bina Putra Surabaya, Sahabat Rumah Belajar Jawa Timur, dengan materi Pemanfaatan Rumah Belajar dan Pembuatan Video Animasi 3 D Berbasis Android. Narasumber Ketiga Bapak Hery Tri Setiyo, Guru SMAN 1 Bungku, Sahabat Rumah Belajar Sulawesi Tengah. Bapak Hery memaparkan materi Pembuatan Soal Interaktif Menggunakan Wordwall. Materi Keempat disajikan oleh ibu Qoiriyani Puhan, Guru SMK Kartini YPI Al Madjid Pematangsiantar, Sahabat Rumah Belajar Sumatera Utara dengan materi Inovasi pembelajaran Blended learning di Masa BDR. 

Bapak Arvan Sri Cahya Saputra Sahabat Rumah Belajar DKI Jakarta, guru di SILN Jeddah. menyampaikan Integrasi Flipped Classroom dengan Sumber Belajar. Flipped Classroom adalah bentuk pembelajaran blended (melalui interaksi tatap muka dan virtual/online) yang menggabungkan pembelajaran sinkron (synchronous) dengan pembelajaran mandiri yang askinkron (asynchronous). Pembelajaran sinkron biasanya terjadi secara real time di kelas. Peserta didik berinteraksi dengan seorang pengajar dan teman sekelas serta menerima umpan balik pada saat yang sama. Sedangkan, pembelajaran asinkron adalah pembelajaran yang sifatnya lebih mandiri. Konten biasanya diakses melalui beberapa bentuk media pada platform digital. Peserta didik dapat memilih kapan mereka belajar dan juga mereka dapat mengajukan pertanyaan di kolom komentar, serta berbagi ide atau pemahaman mereka tentang sebuah materi dengan penngajar atau teman sekelas. Sedangkan, umpan balik akan diterima mereka tidak pada saat yang sama. Video adalah media yang sering digunakan sebagai input untuk belajar mandiri karena dapat diakses dan memungkinkan siswa untuk berhenti dan menonton kembali konten sesuai kebutuhan. Teks dan audio juga dapat digunakan sebagai konten untuk menyampaikan materi dan memastikan siswa sepenuhnya siap untuk kelas sinkron. Berikut adalah gambaran konsep pelaksanaan flipped classroom. Metode flipped classroom, dibagi menjadi tiga kegiatan yaitu, sebelum kelas dimulai (pre-class) guru menyampaiakan link dari Sumber Belajar Portal Rumah Belajar https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/, saat kelas dimulai (in-class) guru membahas materi dari Sumber Belajar dan setelah kelas berakhir (out of class) guru memberikan link yang baru dari Sumber Belajar untuk pertemuan berikutnya. Sebelum kelas dimulai, peserta didik sudah mempelajari materi yang akan dibahas, dalam tahap ini kemampuan yang diharapkan dimilki oleh peserta didik adalah mengingat (remembering) dan mengerti (understanding) materi. Dengan demikian pada saat kelas dimulai peserta didik dapat mengaplikasikan (applying) dan menganalisis (analyzing) materi melalui berbagai kegiatan interaktif di dalam kelas, yang kemudian dilanjutkan dengan mengevaluasi (evaluating) dan mengerjakan tugas berbasis project tertentu sebagai kegiatan setelah kelas berakhir (creating).

Salma Nabila, Guru SD Bina Putra Surabaya, Sahabat Rumah Belajar Jawa Timur, dengan materi Pemanfaatan Rumah Belajar dan Pembuatan Video Animasi 3 D Berbasis Android. Toontastic 3D merupakan salah satu aplikasi android yang bisa digunakan untuk membuat animasi. Aplikasi ini tentu saja bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store. Untuk cara membuat animasi di Android dengan menggunakan aplikasi Toontastic 3D https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.toontastic&hl=en_US, berikut adalah cara-cara yang bisa dilakukan. Unduh aplikasi melalui Google Play Store dan tunggu sampai berhasil dipasang.

Media pembelajaran merupakan salah satu hal yang penting untuk meningkatkan antusias peserta didik. Pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar dan bahkan membawa pengaruh psikologis terhadap siswa. Media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi atau materi pembelajaran seperti: buku, film, video, dan sebagainya. Berkaca dari fonemena diatas, pembuatan video animasi sederhana ini memudahkan siswa untuk dapat mempergunakan fitur Wahana Jelajah Angkasa dan Fitur Laboratorium Maya dari Rumah belajar, sehingga siswa secara mandiri dapat mempergunakan Fitur wahana Jelajah Angkasa dan Fitur Laboratorium Maya.  Siswa tentu saja memerlukan tutorial penggunaan aplikasi Rumah Belajar yang menyenangkan, dengan menggunakan video tutorial berbasis animasi. Tujuannya agar antusiasme peserta didik meningkat dengan menayangkan video tersebut.

Biasanya untuk menggunakan aplikasi ini membutuhkan smartphone dengan spesifikasi yang bagus. Untuk itu pastikan bahwa pengguna Android menggunakan smartphone yang berspesifikasi menengah ke atas. Jika sudah berhasil diunduh, buka aplikasinya maka akan muncul tampilan untuk melihat contoh cerita yang mana bisa diakses dengan menekan pada IdeaLab. Untuk memulai storyboard atau cerita baru, tekan pada tanda + atau plus kemudian pilih Short Story untuk memulai cerita yang pendek. Saat para pengguna Android memilih short story, maka akan muncul cerita yang pendek di mana hanya ada awal, tengah, dan akhir. Untuk memulai cerita, klik pada awal atau Beginning. Pilih latar belakang yang ingin digunakan untuk cerita. Kemudian pilih karakter yang akan muncul dalam cerita yang dibuat. Apabila storyboard sudah berhasil muncul, maka selanjutnya tap pada karakter dan buat gerakan pada karakter. Jika sudah selesai, tekan Start kemudian lanjutkan sampai akhir. Contoh video yang sudah jadi berjudul Wahana Jelajah Angkasa ada di https://www.youtube.com/watch?v=5bOds1_Nu9U dan video berjudul  Laboratorium Maya ada di https://www.youtube.com/watch?v=zVU7sTmK440

Narasumber Ketiga Bapak Hery Tri Setiyo, Guru SMAN 1 Bungku, Sahabat Rumah Belajar Sulawesi Tengah. Bapak Hery memaparkan materi Pembuatan Soal Interaktif Menggunakan Wordwall. Aplikasi yang berbentuk evaluasi pembelajaran ini menawarkan pembuatan instrumen penilaian yang paling variatif diantara media evaluasi pembelajaran online pada pembahasan artikel ini. Software ini berorientasi pada evaluasi pembelajaran online yang disesuaikan kelas dan gaya mengajar guru. Aplikasi ini ditujukan untuk menciptakan Kegiatan pembelajaran Interaktif yang dapat diakses tanpa terbatas waktu dan tempat, melalui perangkat teknologi yang memiliki jaringan internet, seperti; komputer, tablet, smartphone, dan sebagainya. Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan Wordwall dapat diakses oleh peserta didik secara individu atau melalui bimbingan guru secara bergiliran di depan kelas (bagi sekolah yang sudah menyediakan sarana TIK pada kegiatan pembelajaran di kelas). Paket soal atau permainan yang dibuat dan dikendalikan pada aplikasi Wordwall disebut dengan istilah "Activity" (Aktivitas). Sama seperti aplikasi evaluasi pembelajaran online yang dijelaskan sebelumnya, hasil pekerjaan peserta didik melalui Wordwall dapat dicetak secara langsung atau diunduh dalam bentuk file PDF. Hasil pekerjaan peserta didik tersebut dapat digunakan sebagai rujukan saat kegiatan pembelajaran interaktif atau dijadikan bahan pada kegiatan belajar mandiri. Pembuatan soal pada Wordwall menggunakan sistem template. Untuk membuat soal baru, guru memilih template terlebih dahulu, kemudian memasukkan materi soal yang akan dibuat. Durasi waktu dapat diatur dengan menyesuaikan kemampuan peserta didik dan tingkat kesukaran soal. Ketika dalam proses pembelajaran, guru bisa mengganti template yang sudah dibuat dengan template yang berbeda dengan mengklik satu tombol. Semisal soal dibuat berbentuk Find the Match (Mencari padanan) bisa diubah menjadi soal berbentuk Crossword (teka-teki silang). Wordwall dapat memberikan pembelajaran yang lebih bermakna dan mudah diikuti oleh peserta didik sekolah dasar, terutama peserta didik kelas rendah. Selain itu kelebihan dari aplikasi Evaluasi pembelajaran seperti ini adalah tema yang dapat disesuaikan dengan gaya belajar dan musik pengiring. Mode penugasan (Homework) dapat diterapkan di software Wordwall, sehingga peserta didik dapat mengakses sendiri melalui perangkat ponsel pintar mereka sendiri di rumah.

Materi Keempat disajikan oleh ibu Qoiriyani Puhan, Guru SMK Kartini YPI Al Madjid Pematangsiantar, Sahabat Rumah Belajar Sumatera Utara dengan materi Inovasi pembelajaran Blended learning di Masa BDR. Blended learning adalah sebuah kemudahan pembelajaran yang menggabungkan berbagai cara penyampaian, model pengajaran, dan gaya pembelajaran, memperkenalkan berbagai pilihan media dialog antara fasilitator dengan orang yang mendapat pengajaran. Blended learning juga sebagai sebuah kombinasi pengajaran langsung (face-to-face) dan pengajaran online. Manfaat dari penggunaan e-learning dan juga blended learning dalam dunia pendidikan saat ini adalah e-learning memberikan fleksibilitas dalam memilih waktu dan tempat untuk mengakses pelajaran. mahasiswa tidak perlu mengadakan perjalanan menuju tempat pelajaran disampaikan, e-learning bisa dilakukan dari mana saja baik yang memiliki akses ke Internet ataupun tidak. Rumah Belajar dapat diintegrasikan dalam pembelajaran dengan blended laerning ini.

Daftar Hadir



Merdeka belajarnya, Rumah Belajar portalnya, Maju Indonesia.
#RumahBelajar
#PembaTIK2020
#DutaRumahBelajar2020

1 komentar:

  1. Terima kasih, ringkasan materi webinarnya sangat runtut, semoga semua webinar ada ringkasan seperti ini

    BalasHapus