"Jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan" - Imam Syafi'i ___ "Setiap orang adalah guru, dan setiap rumah adalah sekolah" - Ki Hadjar Dewantara ___ "Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan" - Mario Teguh____ "Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan, tapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan" – Ali bin Abi Thalib

Label

Berbagi (49) Info (48) Sosialisasi (33) Belajar (28) Media Cetak (18) Pena (14) Motivasi (13) Vlog (9) Kemitraan (6) RPP (4)

Rabu, 21 Oktober 2020

Sosialisasi Rumah Belajar di SMP Diponegoro Surabaya Bersama Pengawas Dinas Pendidikan Kota Surabaya

Setelah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota Surabaya, saya berkoordinasi dengan pengawas untuk berkolaborasi dalam Pembinaan Pembelajaran Jarak Jauh. Kali ini saya berkolaborasi bersama Ibu Dra. Sofia Nurbaya, M.M. yang merupakan pengawas Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Tema acara ini yaitu Pembinaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Masa Pandemi dan Pemanfaatan Rumah Belajar dalam Pembelajaran di SMP Diponegoro Surabaya. Pembinaan ini diselenggarakan tanggal 20 Oktober 2020 pukul 9.00 WIB hingga 11.00 WIB.

 Dalam pemaparan, saya menjelaskan bahwa sesungguhnya Rumah Belajar tidak hanya dapat dimanfaatkan pada masa pandemi saja, tapi juga pra dan pasca pandemi. Saya memperkenalkan Rumah Belajar adalah portal pembelajaran dengan berbagai macam fitur yang dapat dimanfaatkan secara gratis. Dengan fitur utama yaitu sumber belajar yaitu fitur yang meyajikan materi ajar bagi siswa dan guru berupa materi yang sesuai kurikulum dan non kurikulum. Materi dalam sumber belajar berupa video, audio, web, dan modul. Fitur utama lainnya yaitu kelas maya, laboratorium maya, dan bank soal. Sebuah Learning Management System (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi proses pembelajaran virtual atau tanpa tatap muka antara guru dan siswa. Dengan fitur ini, guru dapat memberikan bahan ajar yang dapat diakses dan dibagikan oleh siswa dalam bentuk digital kapan saja dan di mana saja.  Fitur simulasi praktikum laboratorium yang ada disajikan secara interaktif dan menarik, dikemas bersama lembar kerja siswa dan teori praktikum. Fitur kumpulan soal dan materi evaluasi siswa yang dikelompokkan berdasarkan topik ajar. Tersedia juga berbagai akses soal latihan, ulangan, dan ujian.

SMP Diponegoro Surabaya dalam acara ini juga mendapatkan sharing session mengenai fitur pendukung Rumah Belajar, yaitu peta budaya, wahana jelajah angkasa, buku sekolah elektronik, karya bahsa dan sastra, pengembangan keprofesian berkelanjuta, edugame, dan blog pena.  Dalam sharing session ini juga saya memperkenalkan beberapa sumber belajar lainnya yang ada di Rumah Belajar, saya juga memperkenalkan media sosial Rumah Belajar untu mendapatkan informasi lebih banyak, yaitu di

facebook https://www.facebook.com/PortalRumahBelajar/ ,

instagram https://www.instagram.com/belajar.kemdikbud/?hl=id , 

dan juga youtube https://www.youtube.com/channel/UCRNtM6c--pQ0pXZ8xht9PLA

 Daftar Hadir









Merdeka belajarnya, Rumah Belajar portalnya, Maju Indonesia.

#RumahBelajar
#PembaTIKLevel4Tahun2020
#DutaRumahBelajar2020
#PembaTIK2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar