"Jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan" - Imam Syafi'i ___ "Setiap orang adalah guru, dan setiap rumah adalah sekolah" - Ki Hadjar Dewantara ___ "Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan" - Mario Teguh____ "Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan, tapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan" – Ali bin Abi Thalib

Label

Berbagi (49) Info (48) Sosialisasi (33) Belajar (28) Media Cetak (18) Pena (14) Motivasi (13) Vlog (9) Kemitraan (6) RPP (4)

Kamis, 08 Oktober 2020

Berkelana Bersama Rumah Belajar Hari Kelima 9 Oktober 2020 Bintang Tamu Wibowo Mukti dari TVE dan Ade Agung dari Suara Edukasi

Paparan Bapak Wibowo Mukti diantaranya salah satu teknologi yang sangat berpengaruh penting terhadap kehidupan bangsa ini adalah media televisi. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah memiliki Televisi Edukasi. Apa yang ditayangkan oleh televisi memiliki peran penting dalam mengubah pola pikir masyarakat disuatu bangsa. Tayangan televisi sebenarnya memiliki beberapa peran dalam masyarakat. Peran-peran tersebut ialah sebagai media hiburan, pendidikan, informasi, dan media promosi. Televisi sebagai media massa memiliki fungsi sebagai media pendidikan, hiburan, dan promosi segala hal dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sebagai media hiburan, televisi edukasi memberikan masyarakat berbagai tontonan segar. Adapun  beberapa macam tayangan tersebut, antara lain sinetron, komedi, kartun, film, dan drama. Di sini, tayangan televisi akan menghibur masyarakat dan menyegarkan kembali pikiran setelah seharian beraktivitas. Setelah beraktivitas, tentunya masyarakat akan merasa lelah dan penat sehingga dibutuhkan suatu solusi yang tepat untuk mengatasinya. Salah satunya adalah dengan menonton televisi. Tayangan televisi juga berperan sebagai media pendidikan. Lewat tayangan televisi, kita telah melakukan pembelajaran audio visual.

Paparan Bapak Ade Agung dari Sura Edukasi tentang Radio pendidikan  merupakan media radio yang dapat difungsikan untuk menyampaikan pesan-pesan pendidikan, sesuai dengan peran ideal radio sebagai media publik yaitu penyampai informasi, pendidikan, dan hiburan.

Keunggulan Radio: 1) Bersifat langsung, yakni pendengar bisa langsung mendengarkan informasi yang disiarkan. Detik itu kita bicara detik itu juga pendengar bisa mendengarkan apa yang kita bicarakan. 2) Cepat, radio punya sifat cepat karena dia menggunakan ranah publik yakni frekuensi sebagai alat antar informasinya tidak seperti media cetak yang menggunakan kertas. 3) Tanpa batas, radio punya karakter kekuatan seperti ini karena yang menjadi alat antar informasinya gelombang elektromagnetik yang bisa diakses atau didengarkan di mana saja dan kapan saja. Radio bisa didengarkan sambil menegerjakan pekerjaan yang lain radio pun karena menggunakan audio atau suara memudahkan orang-orang yang tidak dapat membaca untuk mendapatkan informasi. 4) Murah, radio media komunikasi yang murah dibandingkan dengan media komunikasi-informasi lainnya. Radio cukup dengan sekali membangun stasiun yang bermodal rendah bisa dipakai bertahun-tahun media yang lain butuh ongkos produksi yang besar setiap menyampaikan informasi.

Berkelana Bersama Rumah Belajar hari kelima ini akan diisi oleh Dedy Salman SRB Kalimantan Utara dengan tema Membuat Media Pembelajaran E-Modul. Materi kedua oleh Imaniar Rahmi Utami SRB Maluku dengan tema Inovasi Pembelajaran dengan Kelas Maya. Materi ketiga oleh Stenly Sengkey SRB Papua dengan tema Membuat Presentasi 3D Sederhana. tampilan Keempat adalah Clowdy Tumembouw SRB Sulawesi Utara dengan judul materi Penerapan Media Pembelajaran Flipped Classroom Terintegrasi Sumber Belajar.

Daftar Hadir

Evaluasi

"𝑴𝒆𝒓𝒅𝒆𝒌𝒂 𝑩𝒆𝒍𝒂𝒋𝒂𝒓, 𝑹𝒖𝒎𝒂𝒉 𝑩𝒆𝒍𝒂𝒋𝒂𝒓 𝑷𝒐𝒓𝒕𝒂𝒍𝒏𝒚𝒂, 𝑴𝒂𝒋𝒖 𝑰𝒏𝒅𝒐𝒏𝒆𝒔𝒊𝒂"
#merdekabelajar
#rumahbelajarportalnya
#majuIndonesia
#pusdatin_kemdikbud
#PembaTIK2020
#RumahBelajar
















1 komentar: