"Jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan" - Imam Syafi'i ___ "Setiap orang adalah guru, dan setiap rumah adalah sekolah" - Ki Hadjar Dewantara ___ "Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan" - Mario Teguh____ "Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan, tapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan" – Ali bin Abi Thalib

Label

Berbagi (49) Info (48) Sosialisasi (33) Belajar (28) Media Cetak (18) Pena (14) Motivasi (13) Vlog (9) Kemitraan (6) RPP (4)

Selasa, 13 Oktober 2020

Coaching PembaTIK Hari Pertama Jawa Timur


Senin, 12 Oktober 2020 Dilaksanakan kegiatan Pembinaan Pembatik Level 4 untuk Angkatan 6 yang akan berlangsung selama 3 hari yaitu dari tanggal 12-14 Oktober 2020. Kegiatan ini dipandu oleh moderator Mas Hafizh, lalu setelah break out season yang menjadi moderator adalah bu Atiko, saat sesi presentasi yang menjadi moderator adalah Mbak Marta. Acara diawali dengan lagu Indonesia Raya, kemudian laporan kegiatan dari Subdib Perancangan dan Aplikasi Bapak Arief Darmawan, M.Si. Berkaitan dengan Pembelajaran Berbasis TIK tahun 2020. Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Suprijanto dari Pusdatin.

Kami semua bersemangat mengikuti kegiatan coaching ini, di mana kegiatan ini mendukung kemajuan guru dan tenaga pendidik di Indonesia, Pusdatin Kemdikbud menyelenggarakan kegiatan peningkatan kompetensi TIK untuk pembelajaran pada program Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK). Dilaksanakan dengan 4 level yang mengaju pada Literasi TIK guru dari UNESCO, yaitu literasi, Implementasi, Kreasi, dan Berbagi. Pusdatin Kemendikbud berupaya untuk memajukan pendidikan di Indonesia dengan membekali guru-guru dengan kemampuan pemanfaatan TIK agar pembelajaran yang dilaksanakan lebih inovatif, sekaligus dalam rangka seleksi Duta Rumah Belajar.

Pada kesempatan ini dibuka Coating Level Berbagai (Level 4) yaitu penulisan artikel rumah belajar, strategi berbagi, komunikasi efektif pemanfaatan Konferensi Video.

Pada Coachng level 4 ini akan dilaksanakan selama 1 bulan sekaligus sebagai seleksi calon Duta Rumah Belajar yang dilaksanakan dengan mengambil 5 terbaik dari setiap provinsi (berdasarkan penilaian), lalu akan ada sesi wawancara dan pleno untuk menentukan DRB terpilih. Untuk kegiatan Coaching level 4 ini dilakukan pembimbingan terkait materi dan tugas PembaTIK level 4, dilaksankan secara virtual dengan zoom meeting setiap provinsi.

Adapun tugas Akhir Peserta PembaTIK Level 4 termasuk Vlog, Blog, maupun Kegiatan Sosialisasi Tatap Maya ataupun juga Tatap Muka. Vlog untuk melihat kemampuan peserta dalam menggunakan media video blog (Vlog) yang akan mengukur dari bebera indikator. Blog untuk melihat kemampuan peserta dalam melakukan sosialisasi atau berbagi media yang akan menggunakan beberapa indikator. Kegiatan tatap maya ataupun tatap muka untuk melihat kemampuan peserta dalam melakukan aktivitas sosialisasi atau berbagi menggunakan aplikasi tatap maya seperti konferensi video. Namun situasi memungkinkan peserta dapat melakukan dengan tatap muka.

"𝑴𝒆𝒓𝒅𝒆𝒌𝒂 𝑩𝒆𝒍𝒂𝒋𝒂𝒓, 𝑹𝒖𝒎𝒂𝒉 𝑩𝒆𝒍𝒂𝒋𝒂𝒓 𝑷𝒐𝒓𝒕𝒂𝒍𝒏𝒚𝒂, 𝑴𝒂𝒋𝒖 𝑰𝒏𝒅𝒐𝒏𝒆𝒔𝒊𝒂"
#merdekabelajar
#rumahbelajarportalnya
#majuIndonesia
#pusdatin_kemdikbud
#PembaTIK2020
#RumahBelajar


1 komentar: