"Jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan" - Imam Syafi'i ___ "Setiap orang adalah guru, dan setiap rumah adalah sekolah" - Ki Hadjar Dewantara ___ "Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan" - Mario Teguh____ "Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan, tapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan" – Ali bin Abi Thalib

Label

Berbagi (49) Info (48) Sosialisasi (33) Belajar (28) Media Cetak (18) Pena (14) Motivasi (13) Vlog (9) Kemitraan (6) RPP (4)

Minggu, 11 Oktober 2020

Sosialisasi Rumah belajar di SMK Al Amin Surabaya

Sekolah  harus tanggap atas keadaan Pandemi Covid yang mengharuskan siswa belajar di rumah dalam memenuhi harapan terhadap kebutuhan lingkungan peserta didik dengan pembangunan. Sekolah perlu mengembangkan terus potensinya dengan salah satunya memanfaatkan Rumah Belajar dalam pembelajaran, sehingga peserta didik berada dalam proses perkembangan yang berkelanjutan dari seluruh aspek kepribadian, sebagai pemekaran terhadap potensi-potensi bawaan sesuai dengan kesempatan belajar yang ada dan diberikan oleh lingkungan untuk menjangkau kualitas lulusan yang diharapkan. Sekolah selalu mengembangkan perangkat mata pelajaran dengan memanfaatkan Rumah Belajar yang dapat mengakomodasi potensi sekolah, kebutuhan dan kemampuan peserta didik serta kebutuhan masyarakat sekitar sekolah.

Guru memegang peranan penting dalam pelaksanaan inovasi-inovasi proses belajar mengajar. Selain sebagai perencana, dan pengembangan kurikulum dan pengajaran, guru adalah pembimbing, dinamisator, fasilitator, dan arsitek proses belajar – mengajar. Karena betapa penting dan besarnya peranan guru dalam pembelajaran siswa, maka guru haruslah seorang yang profesional, yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kepribadian yang tinggi. Kualitas guru yang demikian hanya dapat diperoleh, kalau guru disiapkan dengan matang agar ia mampu berbuat serba profesional dalam pelaksanaan kurikulum.

Peranan guru yang besar dalam pembelajaran itulah, yang mengharuskan guru untuk terus meningkatkan kualitas kinerjanya. Guru terus meningkatkan pengetahuannya memalui workshop yang diadakan oleh sekolah dan juga oleh Pusdatin Kemdikbud. Rumah Belajar menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru. Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis.

"π‘΄π’†π’“π’…π’†π’Œπ’‚ 𝑩𝒆𝒍𝒂𝒋𝒂𝒓, π‘Ήπ’–π’Žπ’‚π’‰ 𝑩𝒆𝒍𝒂𝒋𝒂𝒓 π‘·π’π’“π’•π’‚π’π’π’šπ’‚, 𝑴𝒂𝒋𝒖 π‘°π’π’…π’π’π’†π’”π’Šπ’‚"
#merdekabelajar
#rumahbelajarportalnya
#majuIndonesia
#pusdatin_kemdikbud
#PembaTIK2020
#RumahBelajar


 

2 komentar: