"Jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan" - Imam Syafi'i ___ "Setiap orang adalah guru, dan setiap rumah adalah sekolah" - Ki Hadjar Dewantara ___ "Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan" - Mario Teguh____ "Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan, tapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan" – Ali bin Abi Thalib

Label

Berbagi (49) Info (48) Sosialisasi (33) Belajar (28) Media Cetak (18) Pena (14) Motivasi (13) Vlog (9) Kemitraan (6) RPP (4)

Kamis, 15 Oktober 2020

Coaching PembaTIK Level 4 Jawa Timur Hari Ketiga

 Assalamualaikum Sahabat Rumah Belajar. Apa kabar?

Kira-kira apa saja ya kegiatan dalam coaching PembaTIK level 4 Jawa Timur pada tahun 2020 ini? 

Nah di hari ketiga ini kegiatan coaching PembaTIK Level 4 Jawa Timur ini diawali dengan pembukaan oleh Ibu Hendri Puspa Martasari. Kemudian dilanjutkan oleh presentasi 5 orang peserta yang belum mempresentasikan tugasnya. Setelah semua peserta mempresentasikan hasil karyanya, Bapak Noval Abdillah memberi sesi berbagi mengenai pembuatan desain blog yang menarik. Bapak Noval juga memberikan file berupa coding umtuk template  dalam blog yang dapat digunakan peserta. Dalam pemaparannya beliau memberikan tips agar blog dapat responsive terhadap seluruh gadget yang kita gunakan. Typhography juga penting dalam blog, kita harus memperhatikan penggunaan tulisan agar menjadi eye catching bagi pembaca.

Selain belajar mengenai bagaimana pembuatan desain blog yang menarik, dalam coaching kali in, Ibu Atiko juga memberikan tips untuk menulis dalam materi blog. Dalam hal menulis kita harus mengetahui tujuan tulisan kita, kemudian tulisan juga harus sesuai dengan Ejaan yang Disempurnakan. Penulisan harus juga memperhatikan jenis dan ukuran font. Kata berlebihan disarankan untuk tidak digunakan maupun tulisan yang terus-menerus. Penggunaan singkatan serta akronim harus diperjelas. Penggunaan simbol juga harus dijelaskan.

Di sesi akhir peserta mendapatkan motivasi dari Duta Rumah Belajar Jawa Timur yaitu Ibu Atiko, Pak Noval, dan Pak Rachmad serta tutor dari Pusdatin Kemdikbud. Dalam sesi motivasi dikatakan bahwa kita harus meluruskan niat untuk berbagi. Motivasi adalah bahan bakar untuk orang melakukan sesuatu. Motivasi datang dari dalam diri sendiri. Apabila kita telah jenuh, maka kita perlu melakukan recharge diri, kemudian melanjutkan tugas kita. Pacu kreativitas, karena sahabat Rumah Belajar adalah orang-orang pilihan melalui seleksi yang sangat ketat. Kerja keras dibutuhkan dalam semua hal. Tak lupa setelah ikhtiar, kita tetap harus berdoa kepada Tuhan. Ingin belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja? yuk cek Rumah Belajar di  https://belajar.kemdikbud.go.id/

Nah, Sahabat Rumah Belajar, jika sudah membaca tulisan di atas, tulis komentar di tempat yang sudah disediakan ya...

"π‘΄π’†π’“π’…π’†π’Œπ’‚ 𝑩𝒆𝒍𝒂𝒋𝒂𝒓, π‘Ήπ’–π’Žπ’‚π’‰ 𝑩𝒆𝒍𝒂𝒋𝒂𝒓 π‘·π’π’“π’•π’‚π’π’π’šπ’‚, 𝑴𝒂𝒋𝒖 π‘°π’π’…π’π’π’†π’”π’Šπ’‚"

 





1 komentar: