"Jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan" - Imam Syafi'i ___ "Setiap orang adalah guru, dan setiap rumah adalah sekolah" - Ki Hadjar Dewantara ___ "Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan" - Mario Teguh____ "Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan, tapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan" – Ali bin Abi Thalib

Label

Berbagi (49) Info (48) Sosialisasi (33) Belajar (28) Media Cetak (18) Pena (14) Motivasi (13) Vlog (9) Kemitraan (6) RPP (4)

Rabu, 07 Oktober 2020

Pemanfaatan Rumah Belajar dan Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Powtoon Rabu 7 Oktober 2020

Webinar kali ini, Ibu Salma Nabila menjelaskan tentang manfaat Rumah Belajar dalam Pembelajaran, dan Ibu Yuli Nestiyarum Sahabat Rumah Belajar DIY menjelaskan tentang Powtoon. Tak lupa motivasi disampaikan oleh ibu Nur Ernawati DRB DIY 2019. Webinar kali ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 7 Oktober 2020. Link Pendaftaran: bit.ly/daftar7oktober Link Webinar via Zoom Meeting: bit.ly/web7oktober Meeting ID: 946 3044 9255 Passcode: b3lajar. Apa kabar sahabat Rumah Belajar?

Sudah tahukah sahabat bagaimana pemanfaatan Rumah Belajar selama belajar dari rumah (BDR)? Apakah sahabat juga pernah memanfaatkan animasi sebagai media pembelajaran? Saat ini, siapa yang tidak tahu dengan animasi? Tapi apakah sahabat mengetahui perbedaan antara animasi 2D dan 3D? Bagaimana cara pembuatannya? Walaupun di rumah saja, sebenarnya tidak menghalangi sahabat untuk berkarya lho! Salah satunya dengan membuat animasi!

Rumah Belajar dengan berbagai fitur yang ada, memudahkan siswa maupun guru dalam memeroleh sumber belajar selain lewat buku. Keberadaan Rumah Belajar diharapkan mampu memenuhi kebutuhan untuk pembelajaran. Dengan jargon: Belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja, Rumah Belajar sangat mudah diakses. Begitu di-klik, langsung muncul halaman pertama dengan berbagai menu pilihan kelompok materi belajar. Pada menu Fitur Utama terdapat empat konten, yaitu Sumber Belajar, Kelas Maya, Laboratorium Maya, dan Bank Soal. Sedangkan pada menu Fitur Pendukung terdapat enam konten, yaitu Peta Budaya, Buku Sekolah Elektronik, Wahana Jelajah Angkasa, Karya Bahasa dan Sastra, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, dan Edugame. Konten-konten yang ada pada Rumah Belajar tersebut disediakan untuk berbagai tujuan, agar pendidik dan peserta didik dapat melaksanakan pembelajaran secara komprehensif.

Powtoon merupakan salah satu aplikasi pembuat video, membuat video di Powtoon pada tahap awalnya akan berbentuk slide sama seperti pada Microsoft Powerpoint untuk presentasi, tetapi pada tahap akhir atau finishing akan berbentuk seperti video pada biasanya. Saat menggunakan Powtoon untuk membuat video, kalian perlu memastikan koneksi internet kalian kuat, karna Powtoon menggunakan data yang besar, jika koneksi internet yang kita miliki rendah, maka akan sulit untuk mengoperasikan Powtoon dengan baik. Jadi patikan koneksi internet yang kalian miliki kuat ya, agar kalian dapat menggunakan Powtoon dengan mudah tanpa gangguan jaringan. Dalam aplikasi Powtoon terdapat berbagai macam fitur untuk memperindah tampilan video, jika kalian menggunakan akun free atau akun gratis maka fitur-fitur yang tersedia pun terbatas dan jangka waktu untuk percobaan secara free adalah 3 hari sejak kita log in akun, jika kalian ingin mengakses fitur-fitur yang lebih banyak dan pasti akan lebih menarik maka kalian dapat log in akun berbayar pada Powtoon. Baiklah, cara pembuatan video melalui Powtoon. 

Buka laptop atau PC kalian, lalu nyalakan, pastikan juga laptop atau PC kalian terhubung pada koneksi internet yang kuat ya. Buka jendela internet pada laptop atau PC kalian, kalian bisa menggunakan Mozilla Firefox, Chrome atau yang lainnya. Search Powtoon pada kolom pencarian, kemudian klik start now, masukkan email beserta password email kalian untuk membuat akun Powtoon, klik pada bagian Blank Powtoon.  Jika kalian tidak ingin menggunakan tema yang terdapat disana, maka kalian bisa klik “x”, disini saya memilih klik tanda “x”. Setelah laman Blank Powtoon muncul, maka Sahabat Rumah Belajar dapat membuat video dengan selera kalian masing-masing, fitur-fitur yang dimiliki Powtoon terletak pada sisi kanan, dengan fitur-fitur tersebut kalian dapat membuat video sesuai dengan selera kalian masing-masing. Terdapat dalam kotak berwarna hitam, dalam setiam simbol fiturnya sudah dilengkapi dengan keterangan kegunaan fitur nya, misalkan pada simbol nomor 2 dari atas, ada fitur dan keterangan background, maka saat kalian klik pada fitur itu, akan muncul berbagai background atau latar belakang untuk slide kalian yang nantinya akan menjadi video. Untuk menambahkan slide, maka kalian cukup klik pada bagian “Add Slide” yang terletak pada bagian kiri. Untuk mengatur waktu, kalian bisa klik tambah untuk menambah durasi waktu dan kurang untuk mengurangi durasi waktu. Jika Sahabat Rumah Belajar sudah selesai dalam membuat video maka klik “save” pada bagian kanan atas, disamping tulisan buy now.  Maka video Sahabat Rumah Belajar sudah tersimpan dalam akun. 

Daftar Hadir















Tidak ada komentar:

Posting Komentar