"Jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan" - Imam Syafi'i ___ "Setiap orang adalah guru, dan setiap rumah adalah sekolah" - Ki Hadjar Dewantara ___ "Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan" - Mario Teguh____ "Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan, tapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan" – Ali bin Abi Thalib

Label

Berbagi (49) Info (48) Sosialisasi (33) Belajar (28) Media Cetak (18) Pena (14) Motivasi (13) Vlog (9) Kemitraan (6) RPP (4)

Kamis, 08 Oktober 2020

Berkelana Bersama Rumah Belajar Hari Kedua 6 Oktober 2020 Dengan Bintang Tamu Ibu Ohorella Erma, DRB Meilita Salamony dan DRB Asih Prihatini

 Berkelana dengan Rumah Belajar hari kedua tanggal 6 Oktober 2020 ini tidak kalah istimewa dengan hari pertama tanggal 5 Oktober 2020 Karena dihadiri oleh Ibu Ohorella Erma Kepala BPMRPK Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Ibu Ohorella Erma menyampaikan tentang Radio Edukasi dengan alamat di https://radioedukasi.kemdikbud.go.id/ atau juga bisa diunduh di Play Store. Ibu Ohorella erma juga memotivasi Sahabat Rumah Belajar. Motivasi juga disampaikan oleh Ibu Meilita Salamony DRB Maluku 2017 dan juga ibu Asih Prihatini DRB Jawa Tengah 2019.

Radio Edukasi (RE) merupakan salah satu sumber belajar atau media pendidikan yang dikembangkan oleh Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan (BPMRP) Yogyakarta sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom-Kemdikbud). RE merupakan wadah untuk mengimplementasi-kan hasil-hasil pengembangan program media audio/ radio pendidikan yang diproduksi oleh BPMRP Yogyakarta. Radio Edukasi mulai beroperasi pada tanggal 1 Oktober 2007 di Yogyakarta dan dipancarkan melalui Frekuensi AM 1251 kHz. RE menyiarkan berbagai materi pendidikan yang dikemas dengan santun, cerdas, dan menghibur serta disiarkan dalam berbagai bentuk program acara. Konten siaran yang disajikan/disiarkan RE terdiri atas media audio pendidikan, baik untuk pendidikan formal, nonformal maupun informal. Media audio yang ditujukan untuk pendidikan formal adalah Media Audio Penunjang Pendidikan (MAPP). Media audio untuk pendidikan nonformal, antara lain berisikan “Dongeng”, “Kisah Tokoh”, “Risalah Nabi dan Sahabat”, “RE Musisi”, serta “RE Jalan-Jalan Sore (JJS). Di samping itu, RE juga menurut Innayah (2009) ikut menyebarluaskan informasi dan kebijakan pendidikan dengan pola sajian yang mendidik, interaktif, dan menghibur. Dalam kaitan ini, I Nyoman Degeng yang pendapatnya dirujuk oleh Rayandra Asyhar (2012) mengemukakan bahwa media audio/ radio merupakan media pendidikan yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber belajar (learning resources). 

Berikutnya materi disampaikan oleh 4 Sahabat Rumah Belajar, yaitu I Made Agus Saputrayasa SRB Bali menyampaikan materi membuat video animasi dengan Sparkol Video Scibe. Materi Kedua dari Rolla Fardila SRB Jawa Barat membawakan materi kreasi video pembelajaran standar Rumah Belajar dengan Filmora.  Materi ketiga dari Rahmadona Sugiaty SRB Sumatera Utara yang membawakan materi Pusat Sumber Belajar Digital. Materi keempat dari M. Elfin Noor SRB Jawa Tengah yang menampilkan materi menjadi kreator video ajar menggunakan Loom.

Daftar Hadir
















 

1 komentar: