"Jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan" - Imam Syafi'i ___ "Setiap orang adalah guru, dan setiap rumah adalah sekolah" - Ki Hadjar Dewantara ___ "Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan" - Mario Teguh____ "Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan, tapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan" – Ali bin Abi Thalib

Label

Berbagi (49) Info (48) Sosialisasi (33) Belajar (28) Media Cetak (18) Pena (14) Motivasi (13) Vlog (9) Kemitraan (6) RPP (4)

Senin, 05 Oktober 2020

Pra Coaching PembaTIK Level 4 Provinsi Jawa Timur 2020, Minggu 4 Oktober 2020

Pra Coaching PembaTIK Level 4 Provinsi Jawa Timur 2020 dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 4 Oktober 2020 Jawa Timur menyelenggarakan Pra Coaching untuk memperkuat saat Coaching. Tugasnya semua sudah ada di simpatik.belajar.kemdikbud.go.id

Strategi berbagi dengan tatap muka serta tatap maya atau kombinasi tatap muka dan tatap maya yang menjadi kebiasaan dan budaya berbagi dalam interaksi kependidikan didorong agar tujuan pendidikan makin berkualitas. Telepon, internet dan world wide web, televisi, handphone, dan pemanfaatan media sosial bahkan organisasi dan komunitas belajar dapat menjadi wadah dan wahana dalam berbagi teknologi dan materi pembelajaran.

Berbagi bukan hanya berbagi dalam kerangka kedermawanan (charity) namun lebih dari itu berbagi untuk pengembangan dan pemberdayaan pendidikan yang lebih bermutu khusnya membangun semangat gotong royong dan mewujudkan kebijakan merdeka belajar. Perlu diingatkan agar strategi berbagi bersifat menyeluruh dan terpadu, berkelanjutan sesuai kompetensi dan level pembatik yang dicapai. Strategi berbagi untuk mencapai kompetensi pembatik level 1, pembatik level 2, pembatik level 3, dan pembatik level 4 dapat diperkuat dan ditularkan terus menerus sehingga makin berkembang dan bermanfaat membangun kompetensi abad 21 dan 5 C (Critical Thingking, Creativity, Collaboration, Communication, dan Compassion/ Character building). Platform Rumah Belajar merupakan sebuah inovasi dalam pendidikan yang perlu disebar luaskan seluasnya, sebuah inovasi yang sangat baik diperlukan strategi agar calon pengguna dapat memahami inovasi ini dengan lebih mudah dan dapat menerimanya dengan baik.

Pra coaching ini membahas pemberitahuan masuk kelas untuk mempelajari modul sebagai referensi pengerjaan tugas. Sambutan oleh para tutor, Ibu Garti Sri Utami (PTP Utama Pusdatin), Ibu Hendri Puspa Martasari (PIC Provinsi Jawa Timur) , Ibu Mira Maulia (Suara Edukasi) , Ibu Renny, Ibu Sandra, Pack Rachmad, Pak Noval, Ibu Atiko, dan Ibu Andy Vida.

Minggu 4 Oktober 2020 Pukul 9-12 WIB. Perkenalan tutor dan panitia (5 menit awal). Pertama, sambutan dan arahan tutor utama (Ibu Garti). Kedua, gambaran arahan coaching pembatik level 4 (Ibu Marta). Ketiga, penjelasan rubrik penilaian (Ibu Mira). Keempat Point dan Cerita Action Plan oleh peserta mengenai Action Plan dan Rencana Tincak Lanjut selama 3 menit dengan sistem acak dan timer online, dilanjut sesi tanya jawab. Berikutnya adalah Motivasi dari Duta Rumah Belajar.

Motivasi Pertama dari  Pak Rachmad. Peserta merupakan juara Jawa Timur telah berada di puncak level pembaTIK. Selalu semangat walaupun nantinya akan terpilih 1 atau 2. Duta Rumah Belajar adalah bonus, kita di sini untuk berbagi. Bonus tama adalah amal ibadah yang dapat bermanfaat bagi kta semua.

Motivasi kedua dari  Pak Noval yang mengingatkan kita untuk selalu semangat. Niatkan bahwa kita memang mau berbagi. Jangan berambisi, tetap memotivasi diri, di manapun kondisinya ambil kesempatan, karena setiap kesempatan memiliki waktu.

Motivasi ketiga dari Bu Andy yang mengingatkan agar kita selalu semangat antusias Jawa Timur luar biasa. Berpesan agar jangan jadikan slempang duta tujuan akhir. Jadikan berbagi sebagai motivasi. Ini bukanlah ajang kompetsi, melainkan ajang berkolaborasi. Sahabat Rumah Belajar sudah menjadi duta bagi sekolah dan keluarga. Ibu Andy mengingatkan kita agar tetap semangat.

Motivasi dari Ibu Marta, tidak menutup kesempatan berkolaborasi, Jatim luar biasa. Bu Marta memberikan kesempatan bertanya jawab silakan, karena panitia dari Pusdatin dan para Duta Rumah Belajar terbuka di forum.

Motivasi dari Ibu Garti, semua peserta sudah bagus, koordinasi dengan pihak terkait adalah hal penting, bapak ibu membawa ikon rumah belajar, sehingga perlu diperhatikan berpakaian, bukan dari fisik cantik maupun tampan, namun dari penampilan kesopanan, koordinasi dengan pihak terkait sangat diperlukan, usaha sudah dilaksanakan, doa dilaksanakan, doa adalah wujud kata kata dan perbuatan kita, jangan menjadi pesimis, hilangkan kata pesimis, lakukan semua dengan ikhlas, kita serahkan kepada Allah.

Belajar dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja

Merdeka Belajarnya,

Rumah Belajar Portalnya,

Maju Indonesia

#MerdekaBelajar

#PembaTIK2020

#pembatiklevel4

#RumahBelajar

#SBR2020Jatim

#SahabatRumahBelajarJatim2020

#Pusdatin

#guruberbagi

#gurupenggerak














Sumber Foto: https://www.facebook.com/atiko.atiko.52



Tidak ada komentar:

Posting Komentar