"Jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan" - Imam Syafi'i ___ "Setiap orang adalah guru, dan setiap rumah adalah sekolah" - Ki Hadjar Dewantara ___ "Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan" - Mario Teguh____ "Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan, tapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan" – Ali bin Abi Thalib

Label

Berbagi (49) Info (48) Sosialisasi (33) Belajar (28) Media Cetak (18) Pena (14) Motivasi (13) Vlog (9) Kemitraan (6) RPP (4)

Sabtu, 24 Oktober 2020

Game Timur Tengah


Webinar ini dilaksanakan hari Sabtu, 24 Oktober 2020 pukul 13.00-15.00 WIB, dengan memanfaatkan zoom. Webinar ini diberi nama Game Timur Tengah, karena Ibu Salma Nabila dari Jawa Timur dan Bapak Elfin Noor dari Jawa Tengah. Ibu Salma Nabila memaparkan  Mobile Edukasi dalam Pembelajaran. M-edukasi merupakan salah satu media yang dikembangkan oleh salah satu balai Pusdatin yaitu Balai Pengembangan Media Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPK). Sahabat dapat mengakses m-edukasi melalui m-edukasi.kemdikbud.go.id. Untuk mempermudah pengunduhan konten-konten pembelajaran yang terdapat di m-edukasi, BPMPK mengembangkan aplikasi store yaitu Edustore, yang berisikan konten produk BPMPK yang dapat diunduh dan diinstall serta dapat diakses di OS Android pada device handphone dan tablet. Edustore dapat diunduh melalui laman m-edukasi.kemdikbud.go.id. Pada edustore user dapat memilih produk BPMPK dengan kriterian pencarian berdasarkan kategori, pelajaran dan jenjang.

Link m-edukasi https://m-edukasi.kemdikbud.go.id/medukasi/

Dalam proses pembelajaran tentunya untuk mempermudah proses penyerapan pengetahuan kepada para siswa diperlukan simulasi yang memungkinkan siswa berinteraksi secara langsung dengan kondisi yang berhubungan dengan materi pelajaran yang sedang dipelajarinya. Teknologi Augmented Reality menjadi salah satu solusi yang ditawarkan saat ini untuk memberikan ruang interaksi virtual antara siswa dengan materi pelajaran yang sedang dipelajarinya. Aplikasi Augmented Reality dikembangkan BPMPK pada tahun 2019. Semangat untuk memberikan realitas nyata dalam gambaran 3d pada media pembelajaran, mendasari pengembangan model pembelajaran berbasis augmented reality. Pada tahun ini pengembangan AR masih sebatas AR SD dan SMP.

Kemudian dilanjutkan oleh Bapak M. Elfin Noor dengan Materi Gamifikasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Gamifikasi merupakan penggunaan elemen game pada konteks di luar game. Fungsi gamifikasi menurut Alsawaier pada tahun 2018 yaitu memberi efek efek positif pada keterlibatan, motivasi, dan kinerja secara keseluruhan pada pembelajar. Ada beberapa aspek dalam gamifikasi yaitu utilitarian atau suatu teori dari segi etika normatif yang menyatakan bahwa suatu tindakan yang patut adalah yang memaksimalkan penggunaan (utility), biasanya didefinisikan sebagai memaksimalkan kebahagiaan dan mengurangi penderitaan di mana gamifikasi ini dapat berguna dan mudah dipakai. Yang kedua yaitu aspek hedonik atau pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan yang dapat membawa enjoyment dan playfulness. Pada aspek ketiga, sosial, yaitu gamifikasi dapat dikenal dan berpengaruh sosial. Gamifikasi memiliki komponen points, badges, levelling, leaderboards, challenges, dan lain-lain.

Sahabat Rumah Belajar bisa tetap berkomunikasi di media sosial Rumah Belajar, yaitu di

facebook https://www.facebook.com/PortalRumahBelajar/ ,

instagram https://www.instagram.com/belajar.kemdikbud/?hl=id

dan juga youtube https://www.youtube.com/channel/UCRNtM6c--pQ0pXZ8xht9PLA



Meeting ID: 835 244 2337
Passcode: belajar


















 

1 komentar: