"Jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan" - Imam Syafi'i ___ "Setiap orang adalah guru, dan setiap rumah adalah sekolah" - Ki Hadjar Dewantara ___ "Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan" - Mario Teguh____ "Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan, tapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan" – Ali bin Abi Thalib

Label

Berbagi (49) Info (48) Sosialisasi (33) Belajar (28) Media Cetak (18) Pena (14) Motivasi (13) Vlog (9) Kemitraan (6) RPP (4)

Jumat, 02 Oktober 2020

Mengenal Lebih Dekat Motivatorku Cak Rachmad

Petuah Cak Rachmad yang selalu saya ingat: 

Saya lahir dan besar  karena Rumah Belajar, Oleh karena Itu Bapak Ibu yang telah masuk pada level 4 ini adalah Juara... Dan jangan menyia-nyiakan kesempatan untuk melakukan yang terbaik (Cak Rachmad)

Setiap orang bisa menjadi Pintar, namun tdak semua orang siap untuk berbagi.... Yang di utamakan untuk Jatim adalah karakter... Karena di Jatim Gudang Orang Pintar... Dibutuhkan karakter yang kuat untuk dapat merangkul semua kalangan untuk maju bersama Rumah Belajar... Kita punya bunda Roro yang selalu semangat...Kita punya Bu Atiko yang sakti mandragunda dalam menembus birokrasi. Kita Punya Pak Noval yang super Pandai dalam IT namun tetap humble 🥰🥰🥰 (Cak Rachmad).


Saya mengenal profil cak Rachmad lebih dekat setelah saya mengisi Data Diri Calon Duta Rumah Belajar Jatim 2020. Di bagian bawah formulirnya, ada biografi Cak Rachmad. Sangat mantap. Berikut ini ya...

RACHMAD EFFENDI TEGUH SANTOSO, lahir di Jayapura, 15 NOVEMBER 1986 adalah guru di SMKN 2 TRENGGALEK. Kami biasa menyebut beliau Pak Rachmad, Mas Rachmad, dan juga Cak Rachmad. Cak Rachmad adalah sosok ganteng yang sangat familiar dengan peci nya. Media Sosial Cak Rachmad adalah  Surel rachmadeffendits@gmail.com  Facebook Rachmad Effendi, Chanel youtube Media Cak rachmad,  dan  Instagram Cakrachmad.ets.


Beliau menyelesaikan pendidikan S-1 Pendidikan Fisika 2008 Universitas Negeri Surabaya. Pendidikan S-2 di Pendidikan Fisika 2017 Universitas Negeri Malang dan Hangzou Normal University China.

Prestasi Beliau sangat luar biasa yaitu Juara di Provinsi Jawa Timur dalam Lomba Pembelajaran Berbasis TIK Pemprov Jatim Provinsi 2018, Duta Rumah Belajar Nasional 2018 Pustekkom Nasional 2018, Juara II Lomba membuat media pembelajaran berbasis Mikrosoft Sway Microsoft Indonseia Nasional 2019, Juara I Lomba Guru Prestasi dan berdedikasi Tingkat Kabupaten Trenggalek. Juara III Lomba Guru Prestasi dan berdedikasi Tingkat Provinsi Jawa Timur 2019.


Keahlian Beliau adalah TOEFL 2020 Pusat Bahasa UNESA,  Courses For Major Physics Education 2016 Hangzou Normal University, Setifikat Pendidik 2018.

Aktivitas Beliau adalah Tentor Tetap SSC 2007-2009 SSC Kacapiring, Tentor SSC 2014-2016 SSC Trenggalek, Guru IPA 2009-2011 SMP Hasan Munahir, Guru fisika 2009-2011 SMA Hasan Munahir, . Guru IPA 2009-Sekarang SMKN 2 Trenggalek, Guru fisika 2009-Sekarang SMKN 2 Trenggalek.

Nah, yang keren juga, Cak Rachmad ini memiliki karya-karya yang luar biasa, yaitu, Karya Tulis dan Buku. Diantaranya, Modul Pembelajaran TIK (Kelas Maya) Analisis pengaruh kemampuan berfikir 2018, Kritis terhadap kemampuan berfikir tingkat tinggi 2016 FMIPA-Unesa, di Pena http://pena.belajar.kemdikbud.go.id/2018/09/sosialisasi-rumah-belajar-danpelatihan-kelas-maya-sebagai-penunjang-pjj-di-smk-wahid-hasyim-trenggalek/, di Pena http://pena.belajar.kemdikbud.go.id/2018/09/sosialisasi-rumah-belajar-danpemanfaatan-kelas-maya-yang-begitu-menggelora-di-sman-1-trenggalek/ , di Pena http://pena.belajar.kemdikbud.go.id/2018/09/rumah-belajar-sebagai-pondasiproses-pembelajaran-di-dalam-maupun-di-luar-kelas/ , di Pena  http://pena.belajar.kemdikbud.go.id/2018/09/sosialisasi-rumah-belajar-danpemanfaatan-kelas-maya-di-smpn-5-trenggalek/ , di Pena http://pena.belajar.kemdikbud.go.id/2018/09/potensi-kekuatan-kelas-onlineberbantuan-aplikasi-komunikasi-smartphone-dalam-membangun-sistem-elearning-kelas-maya-di-seluruh-indonesia/ , di Pena http://pena.belajar.kemdikbud.go.id/2018/08/penerapan-biola-lobi-sosial-medialangsung-dalam-sosialisasi-rumah-belajar-dan-pemanfaatan-kelas-maya-untukmewujudkan-triple-one-zero/. Mengenalkan Rumah belajar ke sekolah Nganjuk Jawa timur 2019 https://pustekkom.kemdikbud.go.id, Kelas Maya Jejak Jatim 2018 Rumah belajar, Laporan Pelaksanaan Tugas Duta Rumah Belajar Nasional 2018 2019 Rumah belajar, Buku Digitalisasi Sekolah dengan Rumah Belajar Menyiapkan SDM Era Revolusi Industri 4.0 2019 , Tim Penyusun Naskah (Pustekkom Kemendikbud). Banyak karya inovasi beliau yang juga tak kalah keren, oleh karena itu, Sahabat Rumah Belajar silakan mengunjungi media sosial Cak Rachmad ya.


Belajar dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja

Merdeka Belajarnya,
Rumah Belajar Portalnya,
Maju Indonesia

5 komentar: