"Jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan" - Imam Syafi'i ___ "Setiap orang adalah guru, dan setiap rumah adalah sekolah" - Ki Hadjar Dewantara ___ "Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan" - Mario Teguh____ "Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan, tapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan" – Ali bin Abi Thalib

Label

Berbagi (49) Info (48) Sosialisasi (33) Belajar (28) Media Cetak (18) Pena (14) Motivasi (13) Vlog (9) Kemitraan (6) RPP (4)

Rabu, 21 Oktober 2020

PRIBUMI (Parade Sharing Membumikan Rumah Belajar)

 





PRIBUMI (Parade Sharing Membumikan Rumah Belajar) yang dilaksanakan tanggal 21 Oktober 2020 pukul 13.00-15.00 WIB dengan narasumber Salma Nabila, Erfan Widyas Saputra, dan Edi Puriyanto. Kegiatan PRIBUMI dilaksanakan via zoom dengan link https://zoom.us/j/8352442337?pwd=SjE0VUh0eGowWXZuamYxdCtTYnpZUT09 atau https://bit.ly/web21okto dengan kode  835 244 2337 dan sandi belajar. Kegiatan ini bertujuan untuk mengadakan sharing session mengenai pemanfaatan Rumah Belajar yang tentunya memiliki ciri khas masing-masing pada setiap provinsi, sehingga dapat berbagi praktik baik yang dilakukan di provinsi dan mengajak peserta untuk berkontribusi dalam portal Rumah Belajar. 

Di sesi pertama dengan pemateri Bapak Erfan Widyas Saputra, Sahabat Rumah Belajar Maluku Utara, beliau memaparkan bagaimana pembelajaran jarak jauh di daerah non jaringan serta pemanfaatan aplikasi supermii dalam pembelajaran. Di Maluku Utara, Bapak Erfan Menerapkan sistem unduh pakai, setelah mengunduh, beliau memakai atau menggunakan aplikasi tersebut. Ketika mengunduh tentunya beliau pergi ke tempat maupun daerah yang memiliki sinyal bagus terlebih dahulu, kemudian beliau mengajarkan kepada anak didiknya dengan sistem offline dan online. Media yang beliau gunakan yaitu telepon seluler, grup Whatsapp, kelas virtual, dan media tatap maya virtual. Beliau juga menerangkan bahwa pengembangan konten sangatlah mudah menggunakan android, terutama menggunakan aplikasi supermii yang dapat diunduh secara gratis di google playstore.

Pada sesi kedua, Pak Edi Puriyanto, Sahabat Rumah Belajar Provinsi Gorontalo, berbagi praktik baiknya menggunakan fitur Rumah Belajar. Beliau menjelaskan apa saja fitur-fitur yang ada dalam Bank Soal. Pada sesi ini juga beliau menerangkan apa saja yang perlu dilakukan dalam pembuatan soal di dalam fitur bank soal. Dalam membuat soal baru diberlakukan dua cara yaitu buat baru maupun upload soal. Sedangkan dalam fitur evaluasi, terdapat evaluasi saya dan evaluasi umum. Setelah kita membuat evaluasi, kita dapat membuat isi evaluasi beurpa informasi, peserta, serta pemilik soal.

Sesi terakhir, Salma Nabila, Sahabat Rumah Belajar Jawa Timur, berbagi praktik baiknya menggunakan sumber belajar dan pengembangan konten video animasi menggunakan adobe after effect. Dalam implementasi pembelajaran jarak jauh yang dilakukan, dijelaskan mulai dari pra, inti, dan pasca pembelajaran. Salma juga menerangkan bagaimana pengembangan konten yang dilakukan selama ini menggunakan aplikasi adobe after effect.  Pembuatan animasi konten untuk diunggah di sumber belajar ini Salma lakukan dimulai dari desain dengan menggunakan adobe illustrator. Di dalam desain tersebut, pembuatan layer perlu diperhatikan guna pergerakan animasi ketika telah diberi gerakan nantinya. Pembuatan animasi 2 dimensi ini lebih mudah dibandingkan dengan 3 dimensi karena tidak perlu memikirkan hasil samping kanan, kiri, dan belakang karakter animasi kita, karena hanya didesain menggunakan sisi depan saja. 

Dari sekian banyak praktik baik yang dilakukan, sahabat Rumah Belajar juga dapat memanfaatkan Rumah Belajar dalam pembelajaran serta ikut berkontribusi mengisi konten di Rumah Belajar. Rumah Belajar juga dapat dimanfaatkan secara gratis. Rumah Belajar dapat digunakan di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja. Merdeka Belajar, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia. Sahabat Rumah Belajar akan mendapatkan informasi lebih banyak  di media sosial Rumah Belajar, yaitu di

facebook https://www.facebook.com/PortalRumahBelajar/ ,

instagram https://www.instagram.com/belajar.kemdikbud/?hl=id , 

dan juga youtube https://www.youtube.com/channel/UCRNtM6c--pQ0pXZ8xht9PLA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar