"Jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan" - Imam Syafi'i ___ "Setiap orang adalah guru, dan setiap rumah adalah sekolah" - Ki Hadjar Dewantara ___ "Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan" - Mario Teguh____ "Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan, tapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan" – Ali bin Abi Thalib

Label

Berbagi (49) Info (48) Sosialisasi (33) Belajar (28) Media Cetak (18) Pena (14) Motivasi (13) Vlog (9) Kemitraan (6) RPP (4)

Selasa, 20 Oktober 2020

Pemanfaatan Rumah Belajar dan Pengembangan Video Animasi 3D

 

Minggu, 18 Oktober 2020 Pukul 19.30 WIB, beberapa Sahabat Rumah Belajar dari beberapa Provinsi mengadakan sharing session dengan tema Pemanfaatan Rumah Belajar dan Pengembangan Video Animasi 3D. Narasumber kali ini yaitu: Salma Nabila dari SD Bina Putra Surabaya merupakan Sahabat Rumah Belajar Jawa Timur dengan materi Pemanfaatan Sumber Belajar dan Pengembangan Konten Video Animasi 3D. Afriyani Susanti dari SMPN 15 Kota Bengkulu seorang guru Bahasa Inggris merupakan sahabat Rumah Belajar Provinsi Bengkulu membawakan materi Canva Application Integrasi Pemanfaatan Sumber Belajar.  Wilem Rilexen S P Mulder, S. Pd yang merupakan guru IPA dari SMPN 3 Nusalaut Satu Atap adalah Sahabat Rumah Belajar Maluku dengan materi Protal Rumah Belajar Solusi di Tengah Keterbatasan. Asti Kurnianingsih dari SMPN 3 Sandai adalah sahabat Rumah Belajar Kalimantan Barat dengan Materi Model Pembelajaran Guided Lnquiry Learning Integrasi Pemanfaatan Sumber Belajar.

Dalam pemaparannya, Ibu Afriyani menjelaskan bahwa dalam menggunakan canva, kita tidak hanya dapat menggunakannya untuk pembuatan foto saja, tetapi juga dalam pembuatan video animasi dengan banyak template yang telah disediakan. Sangat mudah dalam mengakses canva, langkah awal kita login terlebih dahulu, kemudian memilih template dan beberapa aset lainnya. Setelah dirasa desain kita telah sesuai, maka kita klik unduh, kemudian kita pilih hasil unduhan berupa video maupun foto.

 Di sesi berikutnya Pak Wilem, Sahabat Rumah Belajar Maluku, menjelaskan mengenasi aplikasi Flip PDF Professional. Beliau membagikan cara bagaimana membuat modul yang menarik menggunakan aplikasi tersebut. Dari aplikasi Flip PDF Professional kita dapat mengubahnya menjadi bentuk aplikasi dengan bantuan aplikasi web2apk. Setelah diubah menjadi bentuk apk, kita dapat mengirimnya kepada siswa menggunakan aplikasi seperti Whatsapp. Cara ini merupakan salah satu cara untuk menghemat kuota di mana apabila materi berupa modul, maka kita dapat mengunduhnya dengan mudah dan tidak menghabiskan banyak kuota. 

 Ibu Asti memaparkan kegiatan inkuiri siswa didefinisikan sebagai aktivitas siswa, di mana mereka mengembangkan pengetahuan dan pemahaman tentang gagasan ilmiah, seperti halnya suatu pemahaman bagaimana ilmuwan belajar tentang alam. Kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa dalam melakukan kegiatan inkuiri, mencakup (1) mengidentifikasi pertanyaan dan konsep yang memandu penyelidikan ilmiah; (2) mendesain dan melakukan penyelidikan ilmiah, menggunakan teknologi dan matematis untuk mendukung penyelidikan dan komunikasi; (3) merumuskan dan meninjau kembali penjelasan ilmiah dengan menggunakan logika dan bukti; (4) mengenali dan meneliti alternatif penjelasan dan model; (5) komunikasikan dan mempertahankan suatu argumentasi ilmiah.

 Di sesi terakhir, Salma Nabila, Sahabat Rumah Belajar jawa Timur menerangkan tentang Pemanfaatan Sumber Belajar dan pengembangan konten video 3 dimensi. Salma berbagi praktik baiknya menggunakan sumber belajar dan pengembangan konten video animasi menggunakan aplikasi zepeto dan adobe illustrator. Dalam implementasi pembelajaran jarak jauh yang dilakukan, dijelaskan mulai dari pra, inti, dan pasca pembelajaran. Salma juga menerangkan bagaimana pengembangan konten yang dilakukan selama ini menggunakan aplikasi zepeto dan adobe illustrator. Desain dilakukan di aplikasi adobe illustrator dan kemudian berbagai ekspresi karakter dapat direkam dalam aplikasi zepeto di https://play.google.com/store/apps/details?id=me.zepeto.main&hl=in&gl=US.

Daftar hadir











"π‘΄π’†π’“π’…π’†π’Œπ’‚ π‘©π’†π’π’‚π’‹π’‚π’“π‘Ήπ’–π’Žπ’‚π’‰ π‘©π’†π’π’‚𝒋𝒂𝒓 π‘·π’π’“π’•π’‚π’π’π’šπ’‚π‘΄π’‚π’‹π’– π‘°π’π’…π’π’π’†π’”π’Šπ’‚"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar