"Jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan" - Imam Syafi'i ___ "Setiap orang adalah guru, dan setiap rumah adalah sekolah" - Ki Hadjar Dewantara ___ "Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan" - Mario Teguh____ "Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan, tapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan" – Ali bin Abi Thalib

Label

Berbagi (49) Info (48) Sosialisasi (33) Belajar (28) Media Cetak (18) Pena (14) Motivasi (13) Vlog (9) Kemitraan (6) RPP (4)

Rabu, 07 Oktober 2020

Webinar Pemanfaatan Rumah Belajar dalam Pembelajaran Selasa, 6 Oktober 2020

Webinar kali ini, Bapak Didin Handoko mengambil tema Pemanfaatan Fitur Utama Rumah Belajar dalam Pembelajaran, dan Ibu Salma Nabila Sahabat Rumah Belajar Jawa Timur mengambil tema Pemanfaatan Fitur Pendukung Rumah Belajar dalam Pembelajaran. Moderator kali ini adalah Ibu Rizka Elma Sahabat Rumah Belajar Jawa Timur. Webinar Pemanfaatan Rumah Belajar dalam Pembelajaran ini pada hari Selasa tanggal 6 Oktober 2020, pukul 10.30-12.00 WIB.  

Guru sebagai ujung tombak dalam penerapan kurikulum harus mempersiapkan diri, mengembangkan dan meningkatkan kompetensinya dalam menerapkan model pembelajaran inovatif. Guru sebagai fasilitator harus menyadari dirinya bukan lagi sebagai tokoh utama sumber belajar, melainkan orang yang mengatur dan memfasilitasi masuknya aliran pengetahuan kepada peserta didik. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan kompetensi yang harus dikuasai. Kompetensi yang disampaikan kepada peserta didik hendaklah materi pelajaran yang kontektual dan bermakna dalam kehidupannya.

Oleh karena itu, hendaknya materi pembelajaran disampaikan dengan metode dan strategi pembelajaran yang menyenangkan agar pengetahuan tersebut mampu tersimpan lama. Terdapat berbagai model pembelajaran yang dapat diterapkan oleh guru untuk menumbuhkan minat, perhatian, bakat, dan kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran yang menyenangkan. 

Kelebihan dari portal Rumah Belajar sebagai media pembelajaran menyenangkan adalah memungkinkan terjadinya interaksi langsung antara guru, peserta didik dan sumber belajar. Selain itu, proses pembelajaran dapat dilanjutkan di luar jam pembelajaran dengan mudah yaitu peserta didik tinggal membuka kembali materi pembelajaran yang baru disampaikan pada saat jam pembelajaran pada gawai yang dimilikinya. Tidak dapat dipungkiri, generasi digital sangat dekat dengan gawai, maka pembelajaran yang mendekatkan peserta didik pada teknologi yang selalu ada di dekatnya menjadikan materi pembelajaran lebih menyenangkan. Konten pembelajaran ini lebih menarik dibandingkan dengan media pembelajaran berupa buku karena bersifat interaktif, dilengkapi dengan teks, audio, visual, animasi, simulasi dalam penyampaian materi sehingga informasi pembelajaran disampaikan lebih menyenangkan, menarik, mudah dimengerti dan jelas. 

Link Live youtube: bit.ly/you6okt

Daftar Hadir














Tidak ada komentar:

Posting Komentar