Webinar Pemanfaatan Rumah Belajar dan Pengembangan
Konten Pembelajaran ini dilaksanakan pada tanggal 8 Oktober 2020 Pukul o8.30-10.30
WIB. Narasumber webinar ini adalah Bapak Waluyo Iskak dengan materi Mendaftar Sebagai
Penyelenggara, Sebagai Guru, dan sebagai Siswa di Kelas Maya. Narasumber kedua
adalah Bapak Didi Setyono engan materi Membuat Video Pembelajaran dengan Bandi
Cam. Narasumber ketiga adalah Bapak Didin handoko dengan materi Fitur Utama
Rumah Belajar. Narasumber keempat adalah Ibu Salma Nabila dengan materi Fitur
Pendukung Rumah Belajar.
Materi pertama dari Bapak waluyo Iskak. Kelas Maya sebagai sarana kegiatan belajar dan sarana untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan belajar dengan memanfaatkan kemajuan IT. Untuk dapat membuat kelas maya, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendaftarkan sekolah sebagai penyelenggara kelas maya.
Proses
pendaftarannya sebagai berikut: Masuk ke Portal Rumah Belajar yang
beralamat di: https://rumah.belajar.kemdikbud.go.id . Setelah portal
terbuka, gulir halaman ke bawah sampai di menu kellas digital. Klik tulisan
Coba Sekarang. Setelah kelas digital terbuka, selanjutnya pilih menu daftar. Selanjutnya
klik menu daftar sebagai penyelenggara. Isi
kolom pendaftaran dengan benar. Setelah semua kolom terisi klik daftar. Tunggu
sampai pendaftaran disetujui oleh admin Portal Rumah Belajar. Setelah
pendaftaran sekolah peyelenggara disetujui, selanjutnya guru-guru yang ada di
sekolah tersebut bisa mendaftar dan membuat kelas maya.
Daftar
Sebagai Guru dengan cara masuk ke Portal Rumah belajar. Pilih menu Kelas
digital, klik daftar. Pilih daftar sebagai guru. Isi kolom pendaftaran dengan
benar. Selanjutnya klik daftar. Jika telah berhasil mendaftar sebagai guru,
langkah selanjutnya adalah memebuat kelas maya. Adapaun caranya adalah sebagai
berikut: Login di menu kelas maya. Gunakan user id dan password yang telah
didaftarkan tadi. Setelah akun guru terbuka, klik menu tambahkan kelas. Kolom
isian kelas akan muncul. Lakukan pengisian dengan benar. Kata kunci adalah
password untuk pendaftaran siswa di kelas tersebut.
Selanjutnya
lengkapi data kelas yang masih kosong seperti tujuan pembelajaran, sasaran
siswa dan nilai. Jika sudah lengkap klik simpan. Selanjutnya tinggal
menambahkan modul, tugas, dan soal ujian. Untuk memasukannya tinggal mengklik
menu yang ada di kelas yang telah kita buat. Jika kelas yang kita buat telah
lengkap, selanjutnya adalah memasukan siswa ke dalam kelas. Untuk bisa masuk ke
kelas, siswa terlebih dahulu harus memiliki akun.
Membuat
Akun Siswa dengan cara nasuk Portal Rumah Belajar, pilih kelas digital. Klik
menu daftar. Daftar sebagai siswa. Isi kolom pendaftaran dengan benar. Klik
daftar. Setelah siswa memiliki akun, siswa selanjutnnya login dengan
menggunakan akun masing-masing. Masukan user id dan password yang telah
didaftarkan. Selanjutnya pilih menu cari kelas. Tulis nama kelas yang telah
dibuat guru. Tulisan kelas harus sama persis agar kelas yang dimaksud muncul. Klik
di kelas yang muncul. Lakukan pendaftaran. Jika diminta kata kunci, masukan
kata kunci yang telah dibuat di akun guru. Setelah siswa mendaftar kelas yang
dibuat guru, siswa dapat mengakses kelas tersebut.
Narasumber
kedua adalah Bapak Didi Setyono engan materi Membuat Video Pembelajaran dengan
Bandi Cam. Bandicam adalah program perekam paling ringan untuk Windows yang
bisa merekam apa pun di layar PC- dengan kualitas tinggi. Serta bisa merekam di
area tertentu di layar PC atau menangkap gambar.
Bandicam membantu merekam gim dengan kompresi tertinggi, serta menjaga kualitas
video semirip dengan aslinya, dan memberi performa lebih tinggi dari program
lain yang memiliki fitur yang sama.
Pertama-tama,
tentu saja aplikasi Bandicam harus Anda pasang dulu di komputer atau
laptop Anda. Kalau sudah, cukup buka seperti biasa. Langkah kedua, klik tab General.
Silakan atur pada bagian Output Folder.
Anda
bisa pilih direktori manakah yang sekiranya masih memiliki banyak ruang
penyimpanan. Nanti video hasil rekaman akan kita simpan di sana. Selanjutnya,
silakan klik tab Video. Di sini, tombol default record-nya
adalah F12. Anda bisa menggunakan tombol tersebut, atau kalau mau diganti
pun bisa. Fungsi tombol ini sendiri yakni agar kita bisa melakukan recording dengan
menekan tombol tersebut.
Ada
tiga opsi perekaman layar di Bandicam. Nah, di sini kita setting untuk
layar utama. Buka menu dropdown yang ada di bagian kiri atas. Selanjutnya,
pilih Fullscreen dan atur pengaturannya ke Display 1. Kalau
sudah, silakan kembali ke layar utama Bandicam. Tekan tombol Rec untuk
memulai proses merekam layar, atau tekan tombol record yang telah
Anda atur sebelumnya (tombol default F12).
Setelah
proses rekam selesai, silakan klik tombol Stop Recording, atau tekan
kembali tombol record-nya. Selesai deh. Kita tinggal buka saja hasil video
rekaman tadi. Kalau saya sih masih sesuai dengan default-nya, yakni
di folder Documents. Anda bisa cek kembali ke tab Output
Folder. Di sana, cukup klik tombol Open yang ada di kolom Output
Folder tersebut, untuk membuka folder penyimpanan hasil rekaman.
Narasumber ketiga adalah Bapak Didin
handoko dengan materi Fitur Utama Rumah Belajar. Narasumber keempat adalah Ibu
Salma Nabila dengan materi Fitur Pendukung Rumah Belajar. Rumah Belajar dengan berbagai
fitur yang ada, memudahkan siswa maupun guru dalam memeroleh sumber belajar
selain lewat buku. Keberadaan Rumah Belajar diharapkan mampu memenuhi kebutuhan
untuk pembelajaran. Dengan jargon: Belajar di mana saja, kapan saja, dengan
siapa saja, Rumah Belajar sangat mudah diakses. Begitu di-klik, langsung muncul
halaman pertama dengan berbagai menu pilihan kelompok materi belajar. Pada menu
Fitur Utama terdapat empat konten, yaitu Sumber Belajar, Kelas Maya,
Laboratorium Maya, dan Bank Soal. Sedangkan pada menu Fitur Pendukung terdapat
enam konten, yaitu Peta Budaya, Buku Sekolah Elektronik, Wahana Jelajah
Angkasa, Karya Bahasa dan Sastra, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, dan
Edugame.
Pada paparan saat ini dijelaskan penggunaan AR Rumah Belajar dan AR dari
Mobile Edukasi yang semuanya sangat keren. Realitas tertambah, atau
kadang dikenal dengan singkatan bahasa Inggrisnya AR (augmented reality),
adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga
dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan
benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. AR Rumah Belajar dapat diunduh di Rumah belajar pada Fitur Peta Budaya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar