"Jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan" - Imam Syafi'i ___ "Setiap orang adalah guru, dan setiap rumah adalah sekolah" - Ki Hadjar Dewantara ___ "Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan" - Mario Teguh____ "Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan, tapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan" – Ali bin Abi Thalib

Label

Berbagi (49) Info (48) Sosialisasi (33) Belajar (28) Media Cetak (18) Pena (14) Motivasi (13) Vlog (9) Kemitraan (6) RPP (4)

Kamis, 08 Oktober 2020

Webinar Pemanfaatan Rumah Belajar dan Pengembangan Konten Pembelajaran

Webinar Pemanfaatan Rumah Belajar dan Pengembangan Konten Pembelajaran ini dilaksanakan pada tanggal 8 Oktober 2020 Pukul o8.30-10.30 WIB. Narasumber webinar ini adalah Bapak Waluyo Iskak dengan materi Mendaftar Sebagai Penyelenggara, Sebagai Guru, dan sebagai Siswa di Kelas Maya. Narasumber kedua adalah Bapak Didi Setyono engan materi Membuat Video Pembelajaran dengan Bandi Cam. Narasumber ketiga adalah Bapak Didin handoko dengan materi Fitur Utama Rumah Belajar. Narasumber keempat adalah Ibu Salma Nabila dengan materi Fitur Pendukung Rumah Belajar.

Materi pertama dari Bapak waluyo Iskak. Kelas Maya sebagai sarana kegiatan belajar dan sarana untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan belajar dengan memanfaatkan kemajuan IT. Untuk dapat membuat kelas maya, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendaftarkan sekolah sebagai penyelenggara kelas maya. 

Proses pendaftarannya sebagai berikut: Masuk ke Portal Rumah Belajar yang beralamat di: https://rumah.belajar.kemdikbud.go.id . Setelah portal terbuka, gulir halaman ke bawah sampai di menu kellas digital. Klik tulisan Coba Sekarang. Setelah kelas digital terbuka, selanjutnya pilih menu daftar. Selanjutnya klik menu daftar sebagai penyelenggara.  Isi kolom pendaftaran dengan benar. Setelah semua kolom terisi klik daftar. Tunggu sampai pendaftaran disetujui oleh admin Portal Rumah Belajar. Setelah pendaftaran sekolah peyelenggara disetujui, selanjutnya guru-guru yang ada di sekolah tersebut bisa mendaftar dan membuat kelas maya.

Daftar Sebagai Guru dengan cara masuk ke Portal Rumah belajar. Pilih menu Kelas digital, klik daftar. Pilih daftar sebagai guru. Isi kolom pendaftaran dengan benar. Selanjutnya klik daftar. Jika telah berhasil mendaftar sebagai guru, langkah selanjutnya adalah memebuat kelas maya. Adapaun caranya adalah sebagai berikut: Login di menu kelas maya. Gunakan user id dan password yang telah didaftarkan tadi. Setelah akun guru terbuka, klik menu tambahkan kelas. Kolom isian kelas akan muncul. Lakukan pengisian dengan benar. Kata kunci adalah password untuk pendaftaran siswa di kelas tersebut. 

Selanjutnya lengkapi data kelas yang masih kosong seperti tujuan pembelajaran, sasaran siswa dan nilai. Jika sudah lengkap klik simpan. Selanjutnya tinggal menambahkan modul, tugas, dan soal ujian. Untuk memasukannya tinggal mengklik menu yang ada di kelas yang telah kita buat. Jika kelas yang kita buat telah lengkap, selanjutnya adalah memasukan siswa ke dalam kelas. Untuk bisa masuk ke kelas, siswa terlebih dahulu harus memiliki akun.

Membuat Akun Siswa dengan cara nasuk Portal Rumah Belajar, pilih kelas digital. Klik menu daftar. Daftar sebagai siswa. Isi kolom pendaftaran dengan benar. Klik daftar. Setelah siswa memiliki akun, siswa selanjutnnya login dengan menggunakan akun masing-masing. Masukan user id dan password yang telah didaftarkan. Selanjutnya pilih menu cari kelas. Tulis nama kelas yang telah dibuat guru. Tulisan kelas harus sama persis agar kelas yang dimaksud muncul. Klik di kelas yang muncul. Lakukan pendaftaran. Jika diminta kata kunci, masukan kata kunci yang telah dibuat di akun guru. Setelah siswa mendaftar kelas yang dibuat guru, siswa dapat mengakses kelas tersebut.

Narasumber kedua adalah Bapak Didi Setyono engan materi Membuat Video Pembelajaran dengan Bandi Cam. Bandicam adalah program perekam paling ringan untuk Windows yang bisa merekam apa pun di layar PC- dengan kualitas tinggi. Serta bisa merekam di area tertentu di layar PC atau menangkap gambar.
Bandicam membantu merekam gim dengan kompresi tertinggi, serta menjaga kualitas video semirip dengan aslinya, dan memberi performa lebih tinggi dari program lain yang memiliki fitur yang sama.

Pertama-tama, tentu saja aplikasi Bandicam harus Anda pasang dulu di komputer atau laptop Anda. Kalau sudah, cukup buka seperti biasa. Langkah kedua, klik tab General. Silakan atur pada bagian Output Folder.

Anda bisa pilih direktori manakah yang sekiranya masih memiliki banyak ruang penyimpanan. Nanti video hasil rekaman akan kita simpan di sana. Selanjutnya, silakan klik tab Video. Di sini, tombol default record-nya adalah F12. Anda bisa menggunakan tombol tersebut, atau kalau mau diganti pun bisa. Fungsi tombol ini sendiri yakni agar kita bisa melakukan recording dengan menekan tombol tersebut.

Ada tiga opsi perekaman layar di Bandicam. Nah, di sini kita setting untuk layar utama. Buka menu dropdown yang ada di bagian kiri atas.  Selanjutnya, pilih Fullscreen dan atur pengaturannya ke Display 1. Kalau sudah, silakan kembali ke layar utama Bandicam. Tekan tombol Rec untuk memulai proses merekam layar, atau tekan tombol record yang telah Anda atur sebelumnya (tombol default F12).

Setelah proses rekam selesai, silakan klik tombol Stop Recording, atau tekan kembali tombol record-nya. Selesai deh. Kita tinggal buka saja hasil video rekaman tadi. Kalau saya sih masih sesuai dengan default-nya, yakni di folder Documents. Anda bisa cek kembali ke tab Output Folder. Di sana, cukup klik tombol Open yang ada di kolom Output Folder tersebut, untuk membuka folder penyimpanan hasil rekaman.

Narasumber ketiga adalah Bapak Didin handoko dengan materi Fitur Utama Rumah Belajar. Narasumber keempat adalah Ibu Salma Nabila dengan materi Fitur Pendukung Rumah Belajar. Rumah Belajar dengan berbagai fitur yang ada, memudahkan siswa maupun guru dalam memeroleh sumber belajar selain lewat buku. Keberadaan Rumah Belajar diharapkan mampu memenuhi kebutuhan untuk pembelajaran. Dengan jargon: Belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja, Rumah Belajar sangat mudah diakses. Begitu di-klik, langsung muncul halaman pertama dengan berbagai menu pilihan kelompok materi belajar. Pada menu Fitur Utama terdapat empat konten, yaitu Sumber Belajar, Kelas Maya, Laboratorium Maya, dan Bank Soal. Sedangkan pada menu Fitur Pendukung terdapat enam konten, yaitu Peta Budaya, Buku Sekolah Elektronik, Wahana Jelajah Angkasa, Karya Bahasa dan Sastra, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, dan Edugame.

Pada paparan saat ini dijelaskan penggunaan AR Rumah Belajar dan AR dari Mobile Edukasi yang semuanya sangat keren. Realitas tertambah, atau kadang dikenal dengan singkatan bahasa Inggrisnya AR (augmented reality), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. AR Rumah Belajar dapat diunduh di Rumah belajar pada Fitur Peta Budaya.

Daftar Hadir




Tidak ada komentar:

Posting Komentar